Advokasi | Data Kekerasan Tim Advokasi AJI Indonesia

Persiapan Kesehatan

Mempersiapkan kondisi kesehatan tubuh perlu dilakukan saat mendapat penugasan melakukan peliputan berbahaya atau di daerah yang pelosok. Jurnalis perlu mengumpulkan informasi bagaimana konfisi di lapangan, dan mempersiapkan kebutuhan pribadi yang diperlukan. Kebutuhan pribadi itu mencakup obat-obatan pribadi (termasuk obat menetralisir racun di tubuh) yang dibutuhkan dan peralatan pertama pada kecelakaan. Selain itu menguasai pengetahuan dasar pertolongan pertama akan sangat membantu. Pastikan mengonsumsi air layak minum selama melakukan peliputan karena air sangat esensial bagi kesehatan selama melakukan peliputan. Jika mengetahui makanan di daerah tempat melakukan peliputan telah terkontaminasi, pastikan hanya mengonsumsi masakan yang dimasak dengan baik. Jika daerah tujuan peliputan adalah endemik malaria atau sedang mewabah penyakit tertentu karena bencana alam, sebaiknya mengantisipasi dengan konsultasi ke dokter, serta meminta saran obat yang perlu dikonsumsi atau vaksinasi yang diperlukan untuk menghindari terjadi penularan. Oleh sebab itu, disarakan kepada jurnalis untuk:

  • Mencari tahu jenis penyakit berbahaya yang masih merebak di tempat peliputan tersebut. Sebaiknya jurnalis mendapatkan vaksinasi yang dibutuhkan setidaknya tiga minggu sebelum berangkat.
  • ¬†Kunjungi dokter untuk check up lengkap, termasuk dokter gigi.
  • Ketahui jenis darah dan alergi yang dimiliki. Informasi ini dapat disebutkan di dokumen tanda pengenal jurnalis.
  • Jika jurnalis sedang dalam pengobatan penyakit tertentu, sebaiknya jurnalis membawa kopi resep dokter. Jurnalis sebaiknya memiliki persediaan obat tersebut setidaknya dua kali masa peliputan, dan selalu membawa obat-obatan tersebut.
  • Luangkan waktu untuk mengetahui apotek atau rumah sakit di daerah peliputan yang mudah dijangkau untuk membeli obat-obatan.
  • Pastikan membawa pakaian/ kelengkapan yang sesuai dengan cuaca di tempat peliputan. Misalnya, jika medan peliputan banyak ditempuh dengan berjalan, sebaiknya jurnalis mengenakan sepatu yang aman dan nyaman untuk berjalan jauh.
  • Siapkan juga kotak P3K.
ShareThis Copy and Paste