Mencadangkan Data
Cara lain mengamankan data mengantisipasi ketika terjadi serangan malware atau fisik berupa pencurian data adalah dengan mencadangkan data secara regular. Langkah ini penting agar ketika sewaktu-waktu terjadi kondisi yang tidak diingainkan, informasi yang tersimpan di dalam laptop/ komputer, tidak seluruhnya hilang sehingga pekerjaan tidak terganggu.
Setiap data setiap jenis data tersimpan setidaknya di dua tempat terpisah. Cobian Backup salah satu program altenatif untuk mencadangkan dokumen secara utuh di komputer atau jaringan komputer lain. Cara lain simpanlah backup dalam media portabel sehingga anda dapat membawanya pulang atau ke tempat lain yang lebih aman.
Menggunakan CD atau DVD untuk menyimpan backup akan lebih mudah dibandingkan dengan menyimpannya di portabel hard drive atau USB, sehingga anda bisa mengurangi risiko kehilangan backup yang lama saat anda memindahkannya. Data jenis ini sering kali memuat informasi yang sangat rahasia, sehingga sangat penting bagi anda untuk melindungi dokumen eletronik anda dengan meng-enkripsinya. Perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membackup data rahasia adalah VeraCryp
Mencadangkan nomor telepon
Untuk mem-backup nomor telepon dan pesan singkat yang ada di ponsel, anda dapat menghubungkannya ke komputer dengan software yang sesuai, software ini biasanya tersedia di situs resmi produsen ponsel anda. Anda mungkin harus membeli kabel USB khusus untuk dapat menghubungkan ponsel ke komputer anda.
Alternatif lainnya adalah menyalin pesan dan nomor telepon dari kartu SIM ke ponsel itu sendiri, lalu menyalinnya ke kartu SIM cadangan. Metode ini sangat berguna sebagai backup darurat, tetapi anda harus selalu memastikan kartu SIM cadangan tersebut tetap aman. Kemampuan menyalin daftar nomor telepon dan pesan singkat antara ponsel dengan kartu SIM adalah fitur standar, tetapi mem-backup-nya akan menjadi lebih mudah jika ponsel anda dapat menyimpan informasi tersebut dalam kartu memori eksternal
Dokumen cetakan
Jika memungkinkan, ada harus men-scan semua dokumen cetak anda, lalu buatlah backup-nya bersama dengan dokumen elektronik lain, seperti yang telah dibahas sebelumnya. Akhirnya, anda harus mengatur media penyimpanan, jenis data dan backup anda sedemikian rupa sehingga informasi yang anda miliki tahan bencana:
Membuat backup digital
Dari semua tipe data yang telah kita bahas, 'dokumen elektronik' adalah jenis yang paling menjadi perhatian saat kita membuat kebijakan backup. Istilah tersebut memang agak ambigu, tetapi biasanya mengacu pada berkas-berkas yang anda pantau sendiri dan anda buka secara manual, baik dengan men-dobel-klik atau dengan menggunakan menu File pada aplikasi tertentu. Secara spesifik, yang termasuk tipe data ini adalah text files word processing documents, presentations (presentasi), PDFs and spreadsheets(lembar kerja). Lain halnya dengan email, dokumen elektronik biasanya tidak tersinkronisasi dengan salinan jarak jauh melalui Internet
Saat mem-backup dokumen elektronik anda, ingatlah juga untuk mem-backup database program anda. Jika anda menggunakan aplikasi kalender atau buku alamat elektronik, anda juga perlu mencari folder dimana program tersebut menyimpan datanya. Mudah-mudahan database tersebut tersimpan di tempat yang sama dengan dokumen elektronik anda, karena biasanya akan tersimpan di folder My Documents di komputer Windows. Jika tidak, anda perlu menambahkan folder yang sesuai untuk backup rutin anda
Remote Server
Server backup jaringan yang dikelola dengan baik kapasitasnya hampir tidak terbatas, namun kecepatan dan stabilitas sambungan Internet anda lah yang akan menentukan apakah ini merupakan pilihan yang realistis. Namun perlu diingat bahwa dengan menggunakan backup server di kantor anda berarti anda menyalahi aturan tentang meletakkan salinan data penting anda di lokasi yang terpisah; walaupun cara ini lebih cepat dari menyalin informasi melalui Internet. Terdapat berbagai layanan penyimpanan gratis di Internet, tetapi anda tetap harus mengenkripsi backup anda sebelum meng-unggahnya ke server yang dikelola oleh organisasi atau orang yang tidak anda kenal dan percaya.
Saat melakukan pencadangan data ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memperlancar kinerja sistem backup anda:
- Aturlah file-file dalam komputer anda. Pindahkan semua folder yang berisi dokumen elektronik yang ingin anda backup ke dalam satu tempat, seperti ke dalam folder My Documents
- Jika anda menggunakan software yang menyimpan datanya dalam database aplikasi, anda harus terlebih dahulu menentukan lokasi database tersebut. Jika tempatnya tidak mudah dijangkau, coba lihat apakah anda dapat memilih lokasi baru untuk database program tersebut. Jika bisa, anda dapat meletakkannya di folder yang sama dengan dokumen elektronik anda.
- Buatlah jadwal rutin untuk melakukan backup
- Buatlah prosedur bagi seluruh staf di kantor anda yang belum memiliki kebijakan backup yang aman dan bisa diandalkan. Bantulah rekan kerja anda untuk lebih mengerti pentingnya hal ini
- Ujilah proses recovering data dari backup anda. Ingatlah bahwa pada akhirnya yang harus anda perhatikan adalah prosedur re-store, bukan prosedur backup-nya