Advokasi | Data Kekerasan Tim Advokasi AJI Indonesia

Malware

Malware atau malicious software adalah perangkat lunak yang sengaja diciptakan untuk menginfeksi komputer, server atau jaringan. Malware bekerja setelah dicangkokkan pada perangkat yang menjadi target. Malware dikenal dengan virus komputer seperti trojan, ransomware, spyware dan sebagainya. 

Spyware

Jenis software berbahaya yang dapat melacak pekerjaan yang anda lakukan, baik di komputer maupun di Internet dan mengirimkan informasi tersebut kepada orang yang tidak berhak mengetahuinya. Program ini antara lain dapat merekam kata-kata yang telah diketik dengan keyboard, mouse, halaman-halaman yang anda kunjungi dan program yang anda jalankan.

Akibatnya program ini dapat merusak keamanan komputer anda dan membuka informasi rahasia tentang diri anda, semua aktivitas dan kontak anda. Spyware menginfeksi komputer sama dengan cara virus menginfeksi komputer, maka banyak dari petunjuk di atas juga berguna untuk melawan malware kelas dua ini. Laman web berbahaya adalah sumber utama penginfeksian spyware, perlu lebih berhati-hati terhadap situs web yang anda kunjungi dan pastikan bahwa pengaturan browser anda sudah aman.

Mengantisaipasi spyware dapat dilakukan dengan memasang anti-spyware untuk melindungi komputer anda dari jenis ancaman ini. Spybot adalah salah satu contohnya dan perangkat ini bekerja dengan sangat baik dalam mengidentifikasi dan menghapus tipe-tipe malware tertentu yang sering tidak dihiraukan oleh program antivirus. Namun, seperti program anti-virus lainnya, sangat penting untuk selalu meng-update definisi Spybot's malware dan melakukan pemindaian rutin.

Selalu waspada saat melakukan penjelajahan(browsing) di situs web. Awasi jendela browser yang muncul secara otomatis dan bacalah secara seksama sebelum mengklik Yes atau OK. Jika anda ragu, tutuplah jendela yang muncul ('pop up windows') dengan mengklik tanda X di pojok kanan atas, daripada langsung mengklik Cancel. Ini dapat mencegah laman web untuk menginstal malware dalam komputer anda.

Tingkatkan keamanan browser anda dengan mencegahnya menjalankan program yang mungkin berbahaya secara otomatis, yang terkadang terdapat dalam laman web yang anda kunjungi. Jika anda menggunakan Mozilla Firefox, anda dapat menginstal tambahan NoScript, seperti dijelaskan di Bab 4 dalam Panduan Firefox. Jangan pernah menerima dan menjalankan konten jenis apapun jika datang dari situs yang anda tidak ketahui dan tidak dipercaya.

Firewalls

Firewall adalah program pertama di komputer yang mengawasi data yang masuk dari Internet. Firewall juga program terakhir yang menangani informasi yang keluar dari komputer. Firewall menerima, menginspeksi dan membuat keputusan tentang semua data yang masuk dan keluar, persis seperti satpam yang berjaga di depan pintu gedung dan mengawasi siapa saja yang boleh masuk dan keluar dari gedung.

Pada dasarnya, sangat penting bagi anda untuk melindungi komputer anda dari koneksi yang tidak terpercaya di Internet dan juga dari jaringan lokal, dimana keduanya dapat memberikan akses bagi peretas dan virus ke komputer anda. Namun, memonitor koneksi yang keluar dari komputer anda juga sama pentingnya.

Firewall yang baik memungkinkan anda untuk memiliki dan memilih izin untuk pengaksesan di setiap program yang ada di komputer anda. Jadi saat salah satu dari program di komputer anda mencoba untuk membuat hubungan ke dunia luar, firewall akan membloknya dan memberikan peringatan, kecuali jika program tersebut sudah dikenali dan anda mengizinkannya untuk membuat koneksi tersebut.

Hal ini bertujuan untuk mencegah malware yang sudah ada menyebarkan virus atau mengundang peretas masuk ke komputer anda. Dengan demikian firewall menjalankan dua fungsi, pertahanan ditingkat kedua dan system peringatan awal terhadap keamanan komputer anda.

Perangkat Lunak (software) Firewall

Versi terbaru dari Microsoft Windows sudah memiliki firewall yang tertanam di dalamnya, yang diaktifkan secara otomatis. Sayangnya, Windows firewall ini memiliki banyak keterbatasan. Keterbatasan utamanya adalah tidak dapat memeriksa koneksi keluar dan juga agak sulit digunakan. Namun, ada sebuah program freeware yang bermutu bernama Comodo Firewall yang dapat bekerja lebih baik untuk mengamankan komputer anda.

Mencegah ter-koneksi ke jaringan tidak terpercaya

  • Instal-lah program-program komputer yang penting dan berguna untuk menunjang pekerjaan anda,pastikan anda mendapatkannya dari sumber yang terpercaya. Ada baiknya juga jika anda meng-uninstal perangkat lunak (software) yang tidak anda pakai.
  • Putuskan jaringan ke Internet saat anda tidak menggunakannya dan matikanlah komputer anda secara sempurna di malam hari.
  • Jangan memberikan kata sandi (password) Windows anda kepada siapapun.
  • Jika anda masih meng-enable ‘Windows Services’ yang sudah lama tidak digunakan lagi, maka ada baiknya anda men-disable-kannya.
  • Pastikan semua komputer dalam jaringan tempat kerja anda memiliki firewall.
  • Namun jika kantor anda belum memilikinya, ada baiknya kantor anda menginstal firewall tambahan untuk melindungi seluruh jaringan lokal di kantor anda. Banyak gateways broadband yang dijual di pasaran memiliki firewall yang mudah digunakan, mengaktifkannya dapat membuat jaringan anda jauh lebih aman. Jika anda ragu harus mulai dari mana, anda dapat meminta bantuan dari tehnisi yang mendirikan jaringan anda.
ShareThis Copy and Paste