Advokasi | Data Kekerasan Tim Advokasi AJI Indonesia

Memilih Browser Aman

Mozilla Firefox (dikenal sebagai Firefox saja) merupakan perangkat lunak peramban (browser) open source (sumber terbuka) yang diperkuat oleh adanya ketersediaan berbagai pengaya untuknya, termasuk beberapa yang dirancang untuk melindungi privasi dan keamanan anda pada saat anda pada saat menjelajah web.

Firefox mendukung banyak pengaya (add-on) yang memperkuat privasi dan keamanan anda pada saat menjelajah web. Anda dapat memilih pengaya mana yang akan diinstal serta memutuskan sendiri bagaimana konfigurasinya, tergantung kondisi anda. Jika anda menggunakan komputer yang dikelola oleh orang lain (misalnya, di warnet atau tempat kerja), anda mungkin harus melakukan pengaturan ini berulang kali.

Mayoritas infeksi malware dan spyware berasal dari situs web. Sangat penting untuk selalu mempertimbangkan keamanan situs web yang tidak dikenal, terutama jika alamatnya dikirimkan kepada anda melalui email. Sebelum anda memutuskan untuk membuka halaman web, kami sarankan agar anda memindai alamat web tersebut dengan menggunakan pemindai url berikut:

    www.virustotal.com
    www.onlinelinkscan.com
    www.phishtank.com

Anda juga dapat memeriksa reputasi suatu situs web dengan menggunakan pemindai di bawah:

    http://safeweb.norton.com
    www.urlvoid.com

Peramban web Mozilla Firefox tersedia untuk Microsoft Windows, GNU/Linux, Apple Mac OS X dan sistem operasi lainnya. Situs web merupakan sumber utama infeksi malware, sehingga sangat penting untuk mengaksesnya dengan aman. Kami merekomendasikan untuk menggunakan Mozilla Firefox dan menginstal pengaya yang dibahas di dalam panduan ini. Jika anda lebih memilih untuk menggunakan program lain selain Mozilla Firefox, alternatif di bawah tersedia juga untuk Microsoft Windows, GNU/Linux dan Apple Mac OS X:

    Google Chrome (dan Chromium)
    Opera
    Tor Browser

Tor Browser adalah versi Mozilla Firefox yang termutakhir dan dioptimalkan untuk privasi. Tor Browser menjaga aktivitas daring anda tetap rahasia. Ia menyamarkan identitas anda dan melindungi lalu lintas web anda dari berbagai bentuk pengawasan internet. Tor juga dapat digunakan untuk melewati penyaringan internet. Peramban ini gratis dengan perangkat lunak sumber terbuka yang memampukan anonimitas penembusan sensor daring.

Tidak seperti peramban lainnya, Tor Browser:

  • Menyediakan anonimitas daring dengan menyembunyikan alamat IP pengguna
  • Menembus sensor daring dengan memampukan pengguna untuk mengakses situs web dan/atau halaman web yang diblokir.
  • Tidak memiliki fitur pelacakan daring baku
  • Tidak menghasilkan uang dari data pengguna
  • Didukung dan direkomendasikan oleh para pakar keamanan terkemuka di dunia

Tor Browser beroperasi pada jaringan Tor, yang berjalan pada Free and Open Source Software (FLOSS) - Perangkat Lunak Sumber Terbuka Gratis - dan dirancang untuk memampukan anonimitas daring serta penembusan sensor.

Jaringan Tor terdiri dari ribuan server yang dijalankan oleh relawan di seluruh dunia. Setiap kali ToR Browser membuat koneksi baru, ia memilih tiga relay Tor dan terhubung ke Internet melaluinya. Ia mengenkripsi setiap langkah perjalanan ini dengan cara tertentu sehingga relay sendiri tidak mengetahui seluruh lintasan yang dilaluinya ketika ia mengirimkan dan menerima data.

Ketika anda menggunakan Tor Browser, lalu lintas internet anda akan terlihat seolah berasal dari alamat IP yang berbeda, umumnya di negara yang berbeda. Alhasil, Tor Browser menyamarkan alamat IP anda dari situs web yang anda masuki sekaligus menyamarkan situs yang anda kunjungi dari pihak ketiga yang mungkin mencoba mengawasi lalu lintas anda. Ia juga memastikan bahwa satu Tor relay sendiri tidak dapat mengetahui baik lokasi anda di internet maupun situs yang anda kunjungi (walaupun sebagian dari mereka akan mengetahui salah satu di antara keduanya).

Tor juga mengambil langkah untuk mengenkripsi komunikasi yang masuk ke dalam dan yang melalui jaringannya. Namun, perlindungan ini tidak menjangkau sampai situs web yang dapat diakses melalui saluran tidak terenkripsi (yaitu situs web yang tidak mendukung HTTPS).

Karena Tor Browser menyembunyikan koneksi antara anda dengan situs web yang anda kunjungi, ia memampukan anda untuk menjelajah Web secara anonim dan menghindari pelacakan daring. Ia juga dapat melewati penyaringan daring, sehingga anda dapat mengakses konten dari (atau memuatkan konten ke) situs web yang, dalam keadaan lain, akan dibatasi.

ShareThis Copy and Paste