Advokasi | Data Kekerasan Tim Advokasi AJI Indonesia

Komunikasi Terenkripsi

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengamankan komunikasi suara dan pesan singkat melalui telepon seluler adalah menggunakan platform yang telah menerapkan teknologi enkripsi. Karena itu Anda harus menginstal aplikasi enkripsi di ponsel anda dan juga ponsel yang akan anda hubungi. Aplikasi komunikasi terenkripsi saat ini dapat digunakan pada ponsel yang disebut ’smartphone’ atau ponsel pintar dengan sistem operasi Android maupun iOS.

SMS / Pesan Singkat Tidak Aman

Sebaiknya tidak mengandalkan pesan singkat untuk menyampaikan informasi rahasia. Pesan yang dikirimkan dalam bentuk teks membuatnya tidak seperti untuk percakapan rahasia. Pesan SMS yang terkirim dapat ditangkap operator maupun oleh pihak ketiga dengan menggunakan alat yang tidak mahal. Pesan tersebut akan membawa serta nomor telepon pengirim dan penerima serta isi dari pesan itu sendiri. Lebih lagi, pesan SMS dapat dengan mudah diganti dan dipalsukan pihak ketiga.

Pertimbangkan untuk membuat sistem kode antara anda dan penerima pesan. Kode dapat membuat komunikasi menjadi lebih aman dan dapat memberikan jalan lain untuk membuktikan identitas orang yang berkomunikasi dengan anda. Sistem kode harus aman dan diganti secara berkala.

Jangan Menyimpan Pesan Singkat

Di banyak negara undang-undang (atau pengaruh lainnya) mengharuskan penyedia jaringan untuk menyimpan catatan jangka panjang dari semua pesan singkat yang dikirim oleh pelanggannya. Dalam banyak kasus, pesan SMS disimpan oleh penyedia untuk kepentingan bisnis, akuntansi dan perselisihan.

Menyimpan SMS di ponsel anda dapat dengan mudah diakses oleh siapapun yang berhasil mengambilnya. Jika perlu hapuslah semua pesan yang anda terima dan kirim secepatnya. Beberapa ponsel memiliki fasilitas untuk meniadakan pencatatan riwayat panggilan telepon atau pesan singkat. Ini sangat berguna untuk mereka yang sering melakukan pekerjaan sensitif. Anda juga harus mengenal apa saja yang bisa dilakukan dengan ponsel anda. Bacalah buku manualnya!

ShareThis Copy and Paste