Advokasi | Data Kekerasan Tim Advokasi AJI Indonesia

Mengamankan Komunikasi

Kenyamanan, hematnya biaya serta fleksibilitas email dan pesan instan membuat individu maupun organisasi memilih menggunakan alat komunikasi berbasis digital dibandingkan konvensional, termasuk mereka yang terbatas akses Internetnya. Sayangnya, penggunaan alat-alat digital ini sebagai alternatif cara komunikasi tradisional, membuat penyimpanan informasi rahasia menjadi lebih sulit.

Tantangan menjaga kerahasiaan informasi bukan isu baru. Sebab surat pos, panggilan telepon, dan pesan singkat juga rentan terhadap pengintaian, terutama untuk orang-orang yang menjadi sasaran pengintaian oleh pihak yang berwenang. Salah satu perbedaan penting antara teknik komunikasi digital berbasis Internet dengan metode tradisional adalah komunikasi digital memungkinkan pengguna mengatur tingkat keamanan yang diinginkan.

Jika anda mengirim email, pesan instan dan percakapan voice internet protocol (VoIP) dengan metode yang tidak aman, tentu saja tingkat kerahasiaan akan lebih rendah dibandingkan surat atau panggilan telepon. Hal ini karena komputer yang dapat secara otomatis menelusuri sejumlah besar informasi digital untuk mengidentifikasi pengirim, penerima dan kata kunci tertentu.

Sedangkan dalam cara tradisional membutuhkan sumber daya yang lebih banyak untuk melakukan hal yang sama. Sebaliknya, jika anda lebih berhati-hati, fleksibilitas dari alat komunikasi internet dan kekuatan enkripsi (encryption) modern dapat memberikan tingkat kerahasiaan tinggi, yang dahulu hanya tersedia bagi organisasi intelijen dan militer nasional. Dengan mengikuti panduan dan menelusuri software yang dibahas selanjutnya, Anda dapat meningkatkan keamanan komunikasi anda.

ShareThis Copy and Paste