2023-01-23
Kota Jayapura
Jurnalis Jubi, Victor Mambor diteror dengan sebuah bom rakitan, yang meledak tepat di samping rumahnya di Jayapura, Papua, Senin, 23 Januari 2023.

Rilis AJI Jayapura menyebutkan, bom meledak di pinggir jalan yang berjarak hanya sekitar tiga meter dari dinding rumah Victor, di Kelurahan Angkasapura, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura. Peristiwa ledakan terjadi sekitar pukul 04.00 WIT.

Victor mengatakan dini hari itu, dirinya belum tidur. Saat itu, dia mendengar bunyi motor berhenti di jalan tepat di samping rumahnya. Tidak lama setelah pengendara motor pergi meninggalkan lokasi tersebut, sekitar satu menit terdengarlah bunyi ledakan.

Bunyi ledakan ini, tidak hanya mengagetkan Victor dan keluarganya, juga mengagetkan sejumlah warga di komplek permukiman itu. Mereka sempat meninggalkan rumahnya, untuk memeriksa lokasi sumber ledakan. Semula Victor mengira bunyi tersebut bersumber dari gardu listrik yang meledak, ternyata ledakan bom rakitan.

Victor mengungkapkan saat terjadi ledakan, dinding rumahnya bergetar seperti terjadi gempa bumi. Dia pun memeriksa sumber ledakan dan tercium bau belerang yang berasal dari samping rumah. Teryata terdapat bekas ledakan pada jalan, yang jaraknya hanya tiga meter dari dinding rumah.

Bukti rekaman kamera CCTV yang terpasang di salah satu bagian rumah Victor, merekam sebuah motor yang melintasi samping rumahnya sebelum terjadi ledakan. Victor telah melaporkan peristiwa tersebut kepada Polresta Jayapura Kota.

Pada Senin sekitar pukul 09.00 WIT, penyidik Polresta Jayapura Kota telah melakukan olah tempat kejadian perkara, dan mengambil keterangan Victor. Polisi juga telah mengamankan barang bukti, berupa sumbu dan material lainnya sisa ledakan bom.

AJI Jayapura mengecam keras aksi teror bom tersebut, dan menilai perbuatan itu sebagai upaya teror dan intimidasi yang mengancam kebebasan pers di Papua. AJI juga meminta Polda Papua dan Polresta Jayapura Kota mengusut tuntas pelaku dan motif, di balik aksi teror bom yang menimpa Victor Mambor.

Pelaku

Pelaku Tidak dikenal
Belum Diketahui
Tidak Dikenal

Korban

Victor Mambor (Nama Samaran)
Jurnalis, Pimred
Jubi
Harian