2023-01-20
Kota Surabaya
Lima jurnalis di Surabaya, mengalami penganiayaan dan intimidasi saat meliput penyegelan diskotik Ibiza, Jl Simpang Dukuh, Surabaya, pada Jumat siang, 20 Januari 2023. Penganiayaan dilakukan oleh belasan orang di lokasi tempat hiburan yang berpakaian preman.

Lima jurnalis tersebut, adalah Firman (Jurnalis Inews), Anggadia (Jurnalis beritajatim.com), Rofik (Jurnalis LensaIndonesia), Ali (Pewarta Foto Inews) serta Didik (Pewarta Foto Antara).

Berdasarkan pengakuan korban, peristiwa itu dimulai sekitar pukul 14.00 WIB. Mereka awalnya memantau persiapan penyegelan tempat hiburan yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) dan Satpol PP Pemrov Jatim, di warung yang berlokasi di depan tempat hiburan tersebut.

Seorang perempuan yang tidak diketahui identitasnya, kemudian meminta Rofik dan kawan kawannya, untuk naik ke lantai lima karena dipanggil oleh Wahyu. Perempuan itu berbicara dengan nada tinggi.
Karena tidak mengenal Wahyu, mereka menolak naik. Mereka hanya ingin mewawancarai dinas terkait, soal penyegelan diskotik.

Pukul 15.00 WIB, Rofik kembali menuju warung depan untuk menghampiri dan memanggil Didik, untuk bersiap-siap di depan lift. Saat itulah, Rofik mendengar provokasi dari perempuan yang sama. Adu mulut terjadi. Hanya selang hitungan detik, belasan pria tak dikenal yang sempat mengintimidasi Angga dan Firman saat di gedung, menghampiri Rofik di warung dan langsung melakukan pemukulan di bagian kepala belakang, wajah, pinggang bagian belakang kanan. Mereka juga dilempar kursi dan diinjakan dengan kaki, pada paha dan betis berulang kali.

Didik juga mengalami tendangan di kaki kanan, dan pemukulan menggunakan helm di tangan kanan. kanan. Firman dan Angga mengalami intimidasi dan sempat memghindari pemukulan. Pukul 15.20 WIB mereka memutuskan mundur karena semakin banyak massa dari preman yang terlihat emosi.

Sepeda motor Angga dan Rofik juga sempat ditahan oleh para pelaku, dan baru bisa diambil setelah polisi mendapingi mereka ke lokasi. Para korban sudah membuat laporan ke Polrestabes Surabaya.

Pelaku

Belasan pria yang hadir saat penyegelan tempat hiburan
Warga

Korban

5 Jurnalis Surabaya, Firman, Angga, Rofik, Ali, Didik (Nama Samaran)
Jurnalis
Inews, BeritaJatim, Lensa Indonesia, Antara
Media Online