2023-01-15
Kota Jakarta Pusat
Portal Tribun Network mengalami peretasan secara beruntun. Portal Tribunnews.com mengalami peretasan pertama kali, pada Minggu siang, 15 Januari 2023.

Hari itu, pada laman utama Tribunnews.com, terdapat keterangan “Hacked by The Players”. Terdapat juga gambar potongan halaman berita yang berjudul “Tambang Pasir Ilegal di Magelang, Diduga Dibekingi Oknum Aparat, Dikelola Eks Napi Terorisme.” Pada sebelah gambar ini, juga terdapat potongan halaman berita dari portal idntimes.com, yang berjudul “Terbongkar, Belasan Tambang Ilegal Merusak Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi.”

Kemudian portal-portal daerah Tribun Network juga mengalami peretasan sejak Minggu sore, 15 Januari 2023 hingga Senin, 16 Januari 2023. Semua portal daerah Tribun Network, tidak bisa diakses oleh publik. Pihak redaksi, khususnya editor media tersebut tidak bisa mengunggah berita.

Tim IT Tribun Network menilai, peretasan dilakukan langsung pada sistem CMS. Dampaknya, bukan hanya tampilan portal yang tidak bisa diakses oleh redaksi, tetapi kru redaksi juga tidak bisa mengunggah berita.
Selama portal dikuasai peretas, tim IT Tribun Network berusaha menguasai kembali sistem CMS. Sementara redaksi khususnya portal-portal daerah, editor hanya bisa menyunting berita tanpa bisa mengunggah. Berita berita tersebut disunting untuk diunggah begitu portal normal.

Portal Tribunnews.com mulai pulih pada Senin 16 Januari 2023. Portal-portal daerah kelompok media tersebut akhirnya bisa diakses pada Selasa 17 Januari 2023.
Namun, portal Tribunnews.com kembali error pada Senin sore. Begitu juga portal grup media tersebut di daerah. Setelah bisa beroperasi, kemudian error kembali.

Editor media tersebut menjelaskan ketika portal error lagi setelah sempat pulih, sistem CMS terasa berat, sebelum akhirnya portal mengalami error. Hal ini dirasakan editor ketika hendak mengunggah berita. CMS beroperasi lambat sehingga berita sulit terunggah, dan akhirnya portal error dengan menampilkan gambar yang sama terkait berita tambang pasir ilegal. Tim IT Tribun Network telah mengganti login dan password pada CMS portal Tribunnews.com, serta portal grup Tribun di daerah.

Pelaku

Pelaku Tidak dikenal
Belum Dapat Dipastikan
Peretas Belum dapat Dipastikan
Tidak Dikenal

Korban

Tribun Network, Tribunnews (Nama Samaran)
Situs Media Online
Tribunnews, Tribun Network di berbagai daerah
Media Online