2023-01-05
Kab. Bojonegoro
Jurnalis Jatimnow.com Misbahul Munir, dan jurnalis Blokbojonegoro.com Mohammad Rizky dianiaya sekelompok pemuda dari perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di Bojonegoro, Jawa Timur, pada Kamis 5 Januari 2023.

Kamis malam itu, kedua korban sedang meliput konvoi sepeda motor, dari komunitas perguruan silat di Bojonegoro. Peserta konvoi motor melintas di Timur Bundaran Adipura, Jl Gajah Mada Bojonegoro. Komunitas tersebut baru saja melakukan aksi demonstrasi di Mapolsek Kalitidu, karena rekan komunitas mereka mengalami penganiayaan dari perguruan berbeda.

Rizky dan Munir yang hadir di Bundaran Adipura, Bojonegoro, merekam aksi konvoi tersebut dan melihat massa konvoi berhenti sebentar. Peserta konvoi tersebut diduga sempat menjarah warung dan merusak rumah salah satu warga, sebelum kembali melanjutkan perjalanan. Saat peserta konvoi mulai berjalan, mereka melambaikan tangan kepada rekan rekannya.

Sekitar pukul 22.00 WIB, saat peserta konvoi akan melanjutkan perjalananan, kedua jurnalis masih merekam aksi mereka. Salah satu peserta konvoi melihat aksinya direkam. “Lapo ngerekam, hapus, hapus !” kata dia. Rizky dan Munir kemudian berhenti merekam dan mundur dari posisinya semula ke pinggir jalan. Provokator tersebut awalnya berprasangka Rizky dan Munir, dari perguruan silat yang berbeda, yang menjadi kompetitor mereka.

Puluhan peserta konvoi lainnya ikut berhenti dan berjalan mendekati Munir. Mereka mulai mengeroyok dan menendang Munir bersama sama. Munir yang memakai kartu pers dan mengaku jurnalis, tetap mengalami penganiayaan. Sementara Rizky yang saat itu memakai seragam medianya, juga mendapat pukulan dari puluhan massa yang anarkis tesebut.

Kedua korban kemudian diselamatkan oleh jurnalis televisi yang juga berada di lokasi tersebut, sampai kemudian puluhan peserta konvoi motor itu pulang. Kedua korban sudah melaporkan penganiayaan tersebut ke Polres setempat.

Pelaku

Pemuda Perguruan Silat Bojonegoro
Massa pemuda yang baru saja berdemo di Mapolsek Kalitidu
Ormas

Korban

Munir dan Rizky (Nama Samaran)
Jurnalis
Jatimnow.com dan Blokbojonegoro
Harian