2022-12-07
Kota Tanjungpinang
Kamera Jurnalis TVOne di Tanjungpinang, Chairullah dirusak saat liputan aksi demonstrasi di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Tanjungpinang, pada Rabu 7 Desember 2022. Saat itu terjadi aksi demonstrasi oleh ratusan imigran di lokasi tersebut.

Ratusan Warga Negara Asing (WNA) Pencari Suaka tersebut, menggelar aksi unjuk rasa menuntut pembebasan dua imigran, salah satunya Yahya. Aksi mulai digelar pukul 10.00 WIB di Rudenim Tanjungpinang.

Pukul 12. 45 WIB, Rudenim mengeluarkan Yahya dan satu rekannya. Saat itu, Yahya dan rekannya bersama kanwil Imigrasi keluar dari Rudenim, didampingi Kakanwil Hukum dan HAM Kepri, Wakapolresta Tanjungpinang serta sejumlah Pegawai Rudenim dan Polisi.

Chairullah, Jupri dan Ismail, masing masing jurnalis TVOne, Go TV dan Detak Media hadir di lokasi, untuk merekam momen itu dengan kamera masing masing. Namun, ketika Chairullah mengambil gambar Yahya dan satu rekannya yang berjalan dibelakang Kakanwil Hukum dan HAM Kepri, Yahya langsung menutup dan merampas kamera Chairullah. Yahya juga menghardik korban dan mengatakan "Apa kau, saya bukan penjahat". Tangannya spontan merampas kamera korban.

Akibatnya kamera Chairullah terjatuh dan rusak. Kondisi tersebut sempat memanas, karena dua jurnalis lainnya menegur sikap kasar Yahya. Ketegangan itu kemudian diredakan oleh Wakapolresta.

Yahya kemudian langsung pergi dan berkumpul dengan rekannya yang lain, yang saat itu melakukan aksi demonstrasi. Chairullah telah melaporkan kekerasan yang dialaminya ke Polresta Tanjungpinang.

Pelaku

Yahya, Imigran di Tanjungpinang
Warga

Korban

Chairullah (Nama Samaran)
Jurnalis
TV One
Televisi