2022-11-07
Kab. Minahasa
Jurnalis media online di Manado, Noufryadi Sururama, diamankan pihak Polresta Manado bersama sejumlah pendemo di Desa Kalasey Dua, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa, pada Senin, 7 November 2022.

Hari itu, sekelompok masyarakat menggelar aksi demonstrasi menolak penggusuran lahan di Desa Kalasey Dua, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa. Beberapa jurnalis datang meliput saat pagi hari, dan menjelang siang Noufryadi Sururama datang melakukan peliputan dan wawancara bersama sejumlah jurnalis itu.

Ketika aparat mengamankan sejumlah pendemo ke Polresta Manado, sejumlah wartawan langsung bergerak ke Polresta untuk mengambil keterangan polisi. Namun saudara Noufryadi tidak ikut dan tetap tinggal di lokasi aksi di desa Kalasey Dua.

Kemudian ada informasi, bahwa ada demo lanjutan dari kelompok mahasiswa, dan polisi mengamankan sejumlah orang. AJI Manado menduga Noufryadi telah diamankan oleh aparat, karena ikut terlibat dalam gerakan advokasi itu. Setelah dicek di lapangan, ternyata benar kalau Noufryadi diamankan polisi dan dibawa ke Polresta Manado.

Noufriady sendiri mengaku kaget dirinya sudah terkepung oleh aparat gabungan. Saat itu, dirinya memang tak jauh dari area posko perlawanan warga. Menurut korban, dirinya mencoba untuk keluar dari kepungan, namun beberapa aparat kepolisian dan Satpol PP menghadang dan menanyakan KTP korban. Kemudian korban menjawab bahwa dirinya wartawan, dengan menunjukan ID Cardnya. Korban juga menunjukkan KTP yang diambil dari dompet di dalam tasnya. Namun polisi tidak mempercayai pengakuannya dan korban ikut diamankan.

Korban kemudian ditarik dari arah belakang oleh salah satu aparat hingga baju yang digunakan robek. Setelah itu, dirinya ditarik paksa dan dimasukan ke mobil polisi dan dibawa ke Polresta Manado.
Ketua AJI Manado kemudian meminta Divisi Advokasi AJI Manado, untuk segera ke Polresta untuk mengeluarkan yang bersangkutan. Setelah melakukan dialog dengan polisi, korban diizinkan pulang oleh pihak Polresta Manado.

Pelaku

Polisi dan Satpol PP
Polisi

Korban

Noufryadi Sururama (Nama Samaran)
Jurnalis
Media Online
Media Online