2022-08-02
Kota Jakarta Pusat
Akun Facebook jurnalis Nuusdo, Renjani dilaporkan mendapat serangang oleh pihak tidak dikenal, pada Selasa 2 Agustus 2022. Serangan itu terdeteksi pada Selasa sekitar pukul 10.00 pagi.

Pagi itu, Renjani menerima notifikasi atau pemberitahuan ke perangkat digitalnya, bahwa ada yang mencoba masuk ke akun Facebooknya, melalui chrome windows 10. Hal ini dinilai aneh, karena selama ini dia hanya mengakses akun Facebooknya pada aplikasi Facebook Smartphone Androidnya saja.

Pada sore harinya, serangan kembali hadir ketika ada notifikasi izin penggunaan akun Facebooknya. Saat itu, dia tidak sengaja mengklik “it was me” di perangkat digitalnya. Setelah sadar tindakannya salah, dia segera menyetting log out all, dan melihat ada device yang login tertulis “pekan baru” Setelah melakukan log out, dia segera mengganti password akun media sosialnya.

Sehari kemudian setelah dicek hanya ada satu yang aktif menggunakan akun Facebook miliknya, yaitu aplikasi Facebook Android yang selama ini digunakan. Saat ini akun Facebooknya sudah aman.

Pelaku

Pelaku Tidak dikenal
Belum dapat Dipastikan
Tidak Dikenal

Korban

Rei (Nama Samaran)
Nuusdo
Harian