2022-06-29
Kab. Mamuju
Jurnalis Radar Sulbar, Adhe Junaedi Sholat dan Jurnalis Tribunsulbar.com Abdul Rahman mengalami kekerasan dan dihalangi saat meliput rapat koordinasi (Rakor) Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) di Hotel Grand Maleo Mamuju, Sulawesi Barat, pada Rabu 29 Juni 2022.

Data yang dihimpung AJI Mandar menyebutkan jurnalis Adhe Junaedi Sholat dan Abdul Rahman serta beberapa jurnalis lain, meliput kegiatan yang dihadiri Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN ) Hadi Tjahjanto mulai pada pukul 10.00 WITA. Setelah Menteri ATR/BPN memberikan sambutan, dan dilanjutkan peluncuran video bersama Pj. Gubernur Sulbar dan Kepala BPN Sulawesi Barat, sekitar pukul 11.40 WITA, beberapa jurnalis bergerak menuju depan panggung tempat peluncuran video oleh menteri.

Saat itu, salah satu anggota rombongan Menteri ATR/BPN melarang wartawan mendekati panggung. Dia hanya membolehkan tiga orang mendekati panggung, termasuk dirinya. Namun, beberapa jurnalis yang membutuhkan dokumentasi gambar atau video tetap maju mendekati panggung. Seketika , oknum tersebut meminta jurnalis meninggalkan tempat itu. Saat mengusir, ia diduga menyerang fisik pada sejumlah jurnalis.

Adhe Junaedi Sholat dan Abdul Rahman mengaku mendapat kekerasan karena lengannya ditarik dan diseret oleh oknum tersebut, Mereka mengaku mengalami tindakan kekerasan itu sebanyak dua kali. Abdul Rahman mengatakan tubuhnya didorong oleh oknum tersebut.

AJI Kota Mandar menyatakan upaya menghalangi kerja wartawan adalah sebuah bentuk kekerasan, dan menghimbau semua pihak untuk menghormati kerja jurnalis.

Pelaku

Pelaku Tidak dikenal
anggota rombongan Menteri ATR/BPN
Aparat Pemerintah

Korban

Adhe Junaidi Sholat dan Abdul Rahman (Nama Samaran)
Jurnalis
Radar Sulbar dan Tribunsulbar.com
Harian