2022-07-05
Kota Jakarta Pusat
Akun WhatsApp jurnalis Tempo, Raymundus Rikang mengalami gangguan pada pada Selasa, 5 Juli 2022. Selasa itu, sekitar pukul 19.28 WIB, dia menerima pesan WhatsApp dari nomor yang tidak dikenal +62-813-6313-5211. Nomor asing tersebut tersebut mengirimkan puluhan pesan berisi tautan dan bermacam-macam konten yang tertulis dengan jenis font yang asing. Saat itu, korban berinisiatif tidak membuka atau mengklik pesan pesan aneh tersebut.

Sekian menit kemudian, pesan-pesan itu terus masuk melalui akun WhatsAppnya. Ada berbagai pesan yang berisi teks ‘virus’, tautan, dan file-file yang tidak dikenal jenisnya. Korban sempat mengamati, pesan yang masuk dalam 8 menit mencapai lebih dari 400 pesan, dan hanya berasal dari satu nomor asing tersebut.

Masuknya ratusan pesan aneh dalam waktu yang sama, membuat aplikasi WhatsApp di ponselnya, menjadi sangat lambat. Berbagai pesan aneh itu masuk ke akun media sosialnya sekitar pukul 19.40 WIB.

Pada pukul 19.46 WIB, Rikang kemudian menghubungi SAFEnet, dan mengabarkan serangan digital tersebut. SAFEnet kemudian menyarankan untuk membuat laporan resmi ke situs SAFEnet, dan akan ada tim yang memberi pendampingan. Laporan lengkap ke SAFEnet diberikan pukul 20.00 WIB.

Beberapa waktu kemudian, ada lagi pesan yang masuk dengan konten yang sama, dengan pesan yang diterima beberapa menit sebelumnya. Jumlah pesannya kali ini lebih banyak, mencapai sekitar seratus pesan. Dia kemudian menghubungi hotline SAFEnet pada nomor +62-811-9223-375. Tim SAFEnet menyarankan untuk tidak membuka pesan tersebut, dan sebaiknya langsung menghapus pesan itu atau delete chat.

Tim SAFEnet juga menginstruksikan untuk memblokir nomor asing yang tidak dikenali tersebut. Namun, saat itu, dia hanya sempat menghapus pesan dan belum sempat memblokir nomor HP tersebut, pada malam harinya.

Keesokan harinya, pada Rabu, 6 Juli 2022, sekitar pukul 07.00 WIB, nomor tidak dikenal itu, kembali mengirimkan puluhan pesan melalui akun WhatsAppnya. Rikang kemudian membersihkan pesan atau clear semua chat, lalu melaporkan dan memblokir nomor hp tersebut. Akun WhatsApp Rikang saat ini sudah pulih, dan tidak sampai dikuasai atau berpindah tangan ke pihak yang melakukan serangan digital tersebut.





Pelaku

Pelaku Tidak dikenal
Tidak Dikenal

Korban

Raymundus Rikang (Nama Samaran)
Kota Jakarta Pusat
Jurnalis
Tempo
Mingguan