2022-05-11
Kota Jakarta Pusat
Akun YouTube Perkumpulan Suara Kita, mengalami gangguan pada Mei 2022. Redaksi dan manajemen Perkumpulan Suara Kita mencatat, gangguan itu dimulai pada Rabu, 11 Mei 2022, pukul 21.35 WIB.

Saat itu, staf media, kampanye dan kemitraan Perkumpulan Suara Kita menerima email di office@psk.or.id, memberitahukan bahwa ada tindakan permintaan untuk menyetel ulang sandi akun training.ov@gmail.com yang terhubung dengan akun youtube Suara Kita. Selang 6 menit kemudian verifikasi 2 arah dinonaktifkan. Pukul 21:42 Email pemulihan worker43214@gmail.com telah diverifikasi untuk akun training.ov@gmail.com. Kemudian pukul 21:45 verifikasi 2 langkah kembali aktif dengan nomor yang tidak dikenal. Saat itu redaksi berusaha untuk memaksa masuk kembali ke email training.ov@gmail.com, sambil memeriksa apakah akun youtube masih bisa diakses, ternyata akun youtube sudah dirubah tampilannya, yang menyembunyikan daftar video dan hanya menampilkan sebuah video elon musk yang tidak diunggah oleh saya.

Manajemen kemudian terus memaksa masuk ke email, agar dapat memulihkan akses ke email, namun tidak berhasil setelah beberapa kali percobaan.Tanggal 12 Mei 2022 pukul 21:08 dan selanjutnya, redaksi menerima pemberitahuan bahwa ada usaha peretasan terhadap akun suarakitaredaksi@gmail.com email yang terhubung ke facebook page suarakita, serta akun pribadi redaksi yang terhubung ke banyak akun media sosial pribadi dan aplikasi chrome, yang dapat digunakanm untuk mengakses akun akun media sosial Suara kita.

Pukul 13 Mei 2022 pukul 10:59, manajemen berhasil memulihkan akun training.ov@gmail.com, tetapi ketika mencoba login ke akun youtube sudah tidak berhasil. Ternyata pada 12 Mei 2022 pukul 03.30, ada email dari youtube yang memberitahukan bahwa akun suarakita telah dihapus karena dianggap melanggar aturan. Redaksi berulang kali mengajukan banding melalui tautan yang tersedia di email, namun balasan dari youtube menyatakan bahwa akun tidak terdaftar lagi dalam pusat data mereka.

Pelaku

Pelaku Tidak dikenal
Tidak Dikenal

Korban

Suara Kita (Nama Samaran)
Suara Kita
Lainnya