2022-04-11
Kota Kendari
Jurnalis Zonasultra.com, Sutarman, menjadi korban penganiayaan oleh sejumlah oknum polisi, saat meliput aksi demonstrasi mahasiswa menolak perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo di Kawasan eks MTQ, kota Kendari, Senin 11 April 2022.

Data yang dikumpulkan AJI Kendari menyebutkan, saat itu Sutarman sedang meliput aksi demonstrasi, dan merekam aparat yang melakukan pemukulan, terhadap salah seorang mahasiswa, menggunakan telepon selulernya. Kemudian polisi yang melihat tindakan Sutarman, mendekati korban damelakukan tindakan kekerasan, dengan menampar dan mencekik leher korban. Polisi tersebut juga merampas telepon seluler yang digunakan Sutarman serta menghapus video yang sudah direkamnya. Padahal saat itu korban sudah menunjukan kartu pers yang menggantung di lehernya, dan menjelaskan dirinya sedang meliput.
Korban telah melaporkan aksi kekerasan ini ke Polda Sultra, agar pelaku kekerasan dapat diminta mempertanggungjawabkan perbuatannya.

AJI Kendari mengecam aksi kekerasan yang dilakukan oknum kepolisian. AJI Kendari menilai tindak kekerasan dan penghapusan karya jurnalistik yang dilakukan oleh sejumlah oknum polisi itu sebagai bentuk kejahatan dan telah menciderai kebebasan pers di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pelaku

Pelaku Tidak dikenal
Polisi

Korban

Sutarman (Nama Samaran)
Jurnalis
Zonasultra.com
Media Online