2022-01-24
Kota Bandar Lampung
Jurnalis Lampung Post Salda A dan jurnalis Lampung TV Dedy K, diusir dan alat kerjanya akan dirampas secara paksa, saat meliput di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) kota Bandar Lampung, Senin, 24 Januari 2022.

Sebelumnya, pekerja media di Lampung menerima informasi terkait masyarakat Kelurahan Sumberejo, yang meminta kejelasan soal sertifikat dalam program percepatan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) pada 2017. Sebanyak 500 sertifikat yang diajukan kelurahan setempat, namun tersisa 35 yang belum selesai.

Warga Sumberejo yang belum menerima sertifikat tersebut, telah menyurati BPN, namun belum ada kepastian.
Kedua jurnalis tersebut, kemudian datang ke kantor Badan Pertahanan Nasional, untuk meliput terkait keresahan warga tersebut. Namun saat hadir meliput, sejumlah anggota satuan pengamanan (satpam) BPN, menghampiri jurnalis Lampung Post dan Lampung TV. Mereka menanyakan surat izin meliput, dan salah satu anggota satpam perempuan berupaya merampas alat kerja jurnalis Lampung TV.

Tindakan yang sama dilakukan satpam lainnya. Satpam tersebut berusaha merebut alat kerja jurnalis Lampung Post. Dia juga meminta jurnalis menghapus gambar yang sudah didokumentasikan. “Hapus… Hapus itu, silakan pergi!” ujar satpam sambil menutup gerbang kantor BPN.

AJI Bandar Lampung mengecam pengusiran dan upaya perampasan alat kerja jurnalis tersebut. Tindakan tersebut disebutkan telah menambah daftar panjang kekerasan terhadap jurnalis. Ketua AJI Bandar Lampung Hendry Sihaloho meminta masyarakat untuk menghormati kerja jurnalistik, yang meliput untuk memenuhi hak publik atas informasi. Karena tugas jurnalis dilindungi UU Pers, dan regulasi tersebut mengatur bahwa kemerdekaan pers adalah wujud kedaulatan rakyat.

AJI Lampung juga meminta jurnalis meningkatkan kapasitas dan profesionalismenya. Sehingga, memiliki kemampuan yang baik dalam merencanakan serta melakukan peliputan di lapangan.

Pelaku

Satpam di BPN Lampung
Perusahaan

Korban

A dan B (Nama Samaran)
Jurnalis
Lampung Post dan Lampung TV
Harian