2022-04-05
Kab. Yapen Waropen
Jurnalis INEWS TV Kabupaten Kepulauan Yapen, Andrew Woria dan Mesakh Yoberth Kamarea, dikeroyok sekitar 20 orang di Kampung Borai Distrik Yawakukat, Kabupaten Kepulauan Yapen, pukul 11.20 WIT. Akibat aksi kekerasan tersebut, Andrew mengalami luka memar di wajah, dan dekat mata bagian kanan, serta sakit pada kepala. Sementara Mesak mengalami luka memar di wajah.

AJI Jayapura merilis kronologi kejadian aksi kekerasan tersebut. Saat itu, kedua korban dengan kendaraan bermotor, dalam perjalanan untuk meliput kegiatan Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi di Kampung Waniwon.
Saat melewati Kampung Borai terjadi pemalangan jalan umum, karena diduga akibat dampak pertikaian masyarakat Borai dengan masyarakat Kampung Konti. Perjalanan Andrew dan rekannya pun terhenti akibat aksi pemalangan jalan. Kemudian kedua korban menanyakan masalah tersebut kepada warga setempat, yang diduga melakukan pemalangan jalan dan berencana melakukan peliputan di tempat tersebut.

Tiba-tiba salah satu warga memprovokasi massa di lokasi tersebut, dengan menyatakan kedua korban adalah bagian dari kelompok yang bertikai dengan masyarakat Kampung Borai. Kedua korban saat itu menggunakan tanda pengenal sebagai jurnalis INEWS TV. Kamera milik korban pun dirusak para pelaku. memori dalam kamera pun disita warga yang terlibat aksi pengeroyokan kedua korban. Massa kemudian mengeroyok kedua korban, sampai akhirnya dihentikan warga dan pihak kepolisian. Setelah kejadian ini, Andrew dan Mesak telah melapor aksi pengeroyokan ini ke Polres Kepulauan Yapen.

AJI Jayapura mengecam setiap tindakan kekerasan demi menghambat kebebasan pers di tanah Papua. Sertameminta pihak kepolisian memproses hukum oknum warga yang menjadi provokator dan pelaku pengeroyokan kedua jurnalis tersebut.

Pelaku

Pelaku Tidak dikenal
Warga

Korban

Andrew Woria, Mesakh Yoberth Kamarea (Nama Samaran)
Jurnalis
INEWS TV
Televisi