2022-03-04
Kab. Mandailing Natal
Jurnalis media online Topmetro.news.com, Jeffry Bhatara Lubis dianiaya empat orang oknum anggota Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) di Lopo Mandailing Coffe SPBU Aek Galoga, Mandailing Natal, pada Jumat 4 Maret 2022, sekitar pukul 19.30 WIB. Akibat pengeroyokan itu, Jefri mengalami luka pada bagian wajah. Jeffry telah melaporkan aksi penganiayaan itu ke Kepolisian Resor Mandailing Natal.

Aksi kekerasan terhadap Jefri, diduga karena para pelaku tidak senang atas pemberitaan tentang tersangka Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara berinisial AAN.
Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan, Cristison Sondang Pane, mengatakan AJI mengecam segala bentuk kekerasan yang dialami Jeffry. Aksi penganiayana itu, dinilai telah menghambat kebebasan pers dengan menganiaya sehingga menimbulkan luka-luka. Menurutnya jurnalis dalam menjalankan profesinya, mendapat perlindungan hukum. Jika ada yang keberatan dengan pemberitaan tersebut, dapat meminta hak jawab dan hak koreksi, sesuai mekanisme Undang-undang No 40 tahun 1999 tentang Pers.
AJI Medan meminta kepolisian segera menangkap pelaku pemukulan terhadap Jeffry. Serta mendorong agar proses penegakan hukum dapat dilakukan dengan adil dan terbuka. Seluruh pekerja pers diharapkan selalu mengedepankan profesionalisme dalam menjalankan kerja-kerja jurnalistiknya.

Pelaku

Pelaku Tidak dikenal
Ormas

Korban

Jeffry Bhatara Lubis (Nama Samaran)
Kab. Mandailing Natal
Jurnalis
Topmetro.news.com
Media Online