2021-11-04
Kab. Mamasa
Jurnalis Tribun- Sulbar.com, Samuel, mengalami tindakan kekerasan saat akan meliput kegiatan tes wawancara di Aula Kantor Bappeda, Mamasa, Sulawesi Barat, Kamis 4 November 2021.
Berdasarkan kronologi yang dimuat media lokal setempat, hari itu Samuel sedang berada di kantor Bappeda yang menjadi lokasi tes wawancara di institusi tersebut.

Menurut Samuel, saat dia berada dalam ruangan tersebut, pegawai diruangan Aula Bappeda tersebut, sedang melakukan persiapan tes wawancara. Samuel kemudian akan mengambil posisi terbaik, untuk merekam video proses persiapan tes wawancara. Namun belum sempat mengambil gambar, tiba tiba seorang pegawai menghampirinya dan meminta korban keluar dari ruangan.

Kepada pegawai tersebut, Samuel menjelaskan dirinya seorang jurnalis yang akan meliput kegiatan tersebut. Beberapa menit kemudian, pegawai lainnya datang dan dan memaksa Samuel keluar. Mendengar dirinya tidak diizinkan berada di ruangan, Samuelpun bergegas keluar dari ruangan. Namun, ASN bernama Harun, kemudian memegang bagian belakang tubuh korban sambil mendorongnya keluar
ruangan.

Ketika mendapat perlakuan kasar, Samuel menyampaikan dirinya jangan diusir dengan cara seperti itu. Namun ketika korban tiba di depan pintu ruangan, ASN lainnya bernama Rudi, yang menjabat Kepala Seksi di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa(PMD)Mamasa, menghardik Samuel dengan nada tinggi, dan meminta korban keluar, karena hanya panitia yang boleh berada dalam ruangan.

Tidak hanya menghardik, Rudi juga mendorong Samuel, bahkan dia terlihat menggunakan daun pintuuntuk mendorong secara paksa badan Samuel. Akibat aksi kekerasan itu, lengan kanan korban terjepit kedua daun pintu. Sehingga secara refleks, tangan Samuel menyikut pintu, agar tangannya bisa lepas dari jepitan pintu.

Harun dan Rudi kemudian membuka pintu dan kembali memaki korban dengan nada tinggi, sambil menunjuk persis ke wajah Samuel. Samuel akhirnya pulang dan melaporkan peristiwa kekerasan yang dialaminya kepada AJI Mandar.
Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Mandar, mengecam tindakan kasar dua oknum ASN tersebut. Seharusnya pegawai tersebut bisa memberitahu korban keluar ruangan dengan baik, tanpa perlu ada tindakan kekerasan.

Pelaku

Rudi dan Harun
ASN Bappeda Mamasa, Sulbar
Aparat Pemerintah

Korban

Samuel (Nama Samaran)
Jurnalis
Tribun-Sulbar.com
Media Online

Laporkan Kekerasan Terhadap Jurnalis Sebagai:

Anggota AJI Tamu

Pilih Data:

 
 

Berdasarkan Jenisnya:

Berdasarkan Pelaku:

Berdasarkan Kota: