2021-07-23
Kota Jakarta Pusat
Kameraman VOA Indonesia, Indra Yoga menjadi korban intimidasi ketika melakukan peliputan pada 23 Juli 2021 di Wisma Atlet, Jakarta. Intimidasi terhadap Yoga terjadi usai liputan di Wisma Atlet.

Sekitar pukul 18.00 WIB, Indra yang telah dalam perjalanan pulang mendapat telepon dari salah seorang personel TNI di Wisma Atlet. Ia diminta datang terkait liputan sebelumnya, atau akan dilakukan penjemputan oleh tim dari Wisma Atlet. Tidak ingin terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Indra memutuskan untuk putar balik dan tiba ke Wisma Atlet lagi pada pukul 18.40 WIB.

Mengetahui kejadian yang menimpa sang kameraman, Eva Mazrieva, Koordinator Liputan VOA, menghubungi personel TNI yang mengaku sebagai “pimpinan” tim yang meminta Indra datang kembali ke Wisma Atlet. Mereka yakni dr. Aziz dan Serma Jamari, keduanya selaku Humas Media Center Wisma Atlet.
Kemudian, dr. Aziz meminta agar Indra menyerahkan semua perangkat liputan, terutama SD-card dan menyitanya. Menurut dr. Azis, liputan yang dilakukan oleh VOA Indonesia sebagai tindakan ilegal karena tidak disertai surat pemberitahuan dan tanpa koordinasi ke Humas.

Serma Jamari yang lebih kooperatif kepada Indra, menilai tidak perlu disita, cukup dipindahkan video yang diambil untuk diperiksa. Selain itu, Indra juga mengalami penggeledahan oleh personel-personel TNI lainnya.

Pada pukul 21.10 WIB, Eva menghubungi Letnan Kolonel Yugo (RSDC) yang memberikan izin liputan dan bahkan memerintahkan pendampingan dan memberi wawancara. Eva melaporkan bahwa Indra sudah dua jam diinterogasi tim TNI. Yugo sempat mempertanyakan alasan perangkat liputan harus disita. Menurut Yugo, bahan liputan itu cukup di-copy dan diperiksa jika ada yang tidak sesuai.

Yugo mengatakan pada Eva bahwa persoalan yang menimpa Indra seusai liputan sekadar miskomunikasi.
Meskipun begitu, Yugo tetap meminta agar video liputan yang diambil tidak ditayangkan dahulu sebelum dilakukan evaluasi. Sekitar pukul 22.00 WIB, Indra diizinkan pulang.

Pelaku

dr Azis dan Serma Jamari
TNI

Korban

Indra Yoga (Nama Samaran)
Kameramen
VOA
Televisi

Laporkan Kekerasan Terhadap Jurnalis Sebagai:

Anggota AJI Tamu

Pilih Data:

 
 

Berdasarkan Jenisnya:

Berdasarkan Pelaku:

Berdasarkan Kota: