2021-06-22
Kota Gorontalo
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo, Haris Suparto Tome resmi melaporkan tiga media online ke Polres Gorontalo, Selasa, 22 Juni 2021, atas dugaan pencemaran nama baik.

Haris yang juga Ketua Forum Kepala Dinas Kominfo kepada media di Gorontalo mengatakan berita yang diterbitkan media online tersebut ditulis tanpa mematuhi kaidah jurnalistik. Diantaranya tanpa konfirmasi tatap muka, serta bertemu dengan narasumber. Sehingga laporan wartawan mengandung opini negatif dan menuduh.
Kepada media yang menemuinya di Polres Gorontalo, Haris belum menyebutkat nama-nama media yang dilaporkannya tersebut.

Namun sebelum pelaporan ini, Haris Tome pernah mengadukan media faktanews.com ke Dewan Pers, terkait berita “Flash News! Diduga Oknum Kadis Kabgor Di Pergoki Suami Selingkuhannya Di Kos-kosan” (https://faktanews.com/2021/02/16/flash-news-diduga-oknum-kadis-kabgor-dipergoki-suami-selingkuhannya-di-kos-kosan/).

Berita tersebut diunggah pada 16 Februari 2021. Isi berita tersebut hanya berdasarkan pada pemergokan yang dilakukan kepolisian, namuan tidak ada tambahan wawancara dengan subyek pemberitaan, dan keterangan lain.
Atas pengaduan Haris terhadap Media Siber faktanews.com, Dewan Pers lalu mengeluarkan Pernyataan Penilaian dan Rekomendasi (PPR) Nomor: 12/PPR-DP/V/2021.
Dalam PPR tersebut Dewan Pers memutuskan faktanews.com melanggar kode etik jurnalistik, dan wajib memuat hak jawab dari pengadu, Haris Tome. Dewan Pers juga mengisyaratkan bahwa Haris Tome sebagai pengadu dapat melanjutkan kasusnya ke pihak kepolisian, jika faktanews.com tidak melaksanakan rekomendasi yang telah dikeluarkan Dewan Pers tersebut.

Data yang dimiliki media di Gorontalo, berita dugaan perselingkuhan Haris, viral di berbagi media. Jadi tidak hanya dimuat oleh faktanews.com. Berapa media juga sempat memuat hak jawab Kadis Kominfo Gorontalo tersebut.
Dalam hak jawab tersebut Haris membantah tuduhan perselingkuhan yang dia lakukan. Kasus tersebut juga tidak berlanjut karena kekurangan bukti.

Pelaku

Pelaku Tidak dikenal
Haris Tome
Kota Gorontalo
Satpol PP / Aparat Pemerintah Daerah

Korban

Faktanews.com (Nama Samaran)
Faktanews.com
Media Online

Laporkan Kekerasan Terhadap Jurnalis Sebagai:

Anggota AJI Tamu

Pilih Data:

 
 

Berdasarkan Jenisnya:

Berdasarkan Pelaku:

Berdasarkan Kota: