2024-03-28
Kab. Halmahera Selatan
Jurnalis media online di Maluku Utara, Sukandi Ali dianiaya 3 anggota TNI Angkatan Laut (AL) di pos TNI AL Panamboang, kecamatan Bacan Selatan, Halmahera Selatan, pada Kamis, 28 Maret 2024.

Kejadian itu berawal saat korban dijemput oleh dua terduga pelaku di rumahnya. Pelaku diantar oleh Babinsa desa Babang ke rumah korban.

Sukandi kemudian dibawa dengan mobil menuju Pos TNI AL.korban kemudian diinterogasi terkait berita yang telah dibuatnya. Berita itu berjudul "Puluhan Ribu KL BBM Diduga Milik Ditpolairud Polda Malut Ditahan AL di Halsel, Kepala KSOP I Ternate Diduga Terlibat". Laporan itu terbit di media Sidikkasus.co.id pada 26 Maret 2024.

Saat diinterogasi, Sukandi dipukul dengan tangan, juga dipukul menggunakan sepatu Lars serta dicambuk menggunakan selang. Penganiayaan itu mengakibatkan luka dan lebam di sekujur tubuh, kepala, tangan, dan bahu korban. Bahkan gigi korban ada yang patah akibat penyiksaan tersebut.

Korban juga sempat ditodong menggunakan pistol, setelah sebelumnya diintimidasi dengan tembakan peringatan ke atas menggunakan salah satu pistol pelaku.

Pelaku mengancam korban "Kalau hanya konfirmasi, jangan terbitkan beritanya, kecuali kamu awalnya meminta untuk wawancara, baru bisa kamu terbitkan beritanya," kata pelaku.

Korban dituduh membuat berita tanpa ada konfirmasi dan klarifikasi sebelumnya kepada TNI AL. Padahal korban mengaku telah melakukan konfirmasi dan memiliki rekaman suara wawancara dengan salah satu dari tiga pelaku TNI AL tersebut.

Selain dianiaya, korban juga diminta membuat surat pernyataan tertulis berisi dua poin. Pertama, korban tidak akan mengulangi perbuatan yang sama, juga tidak boleh melewati pesisir dari Labuha sampai ke Kupal. Poin kedua, korban harus berhenti menjadi jurnalis dan tidak membuat liputan berita lagi.

AJI dan beberapa lembaga serta organisasi Pers mengecam aksi kekerasan terhadap jurnalis ini. Korban juga sudah melaporkan penganiayaan dan intimidasi ini kepada polisi di wilayah tersebut.

Pelaku

TNI AL
Anggota TNI AL
TNI

Korban

Sukandi Ali (Nama Samaran)
Kab. Halmahera Selatan
Jurnalis
Sidikkasus
Media Online