2024-01-05
Kab. Kediri
Belasan jurnalis di Kediri, Jawa Timur dilarang mengambil gambar penyortiran surat suara di gudang Desa Gampeng, Gampengrejo, Kediri, Jawa Timur pada Jumat , 5 Januari 2023.

Belasan jurnalis yaitu Riski (koran memo), Anis (metaranews), Musim Harjito (bangsaonline), Joko (memoX), Yeni (tabloid demonstran), Karen Wibi (radar Kediri),Pras (Antara foto), Yogik (montera.id), Wildan (Kediri Tangguh), Habib (Doho TV), Nahdi (Andika FM), Kholik (Harian Rakyat) sudah hadir di lokasi tersebut, untuk mendokumentasikan aktivitas KPU Kabupaten Kediri, pada masa menjelang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden RI.

Sekitar pukul 08. 00 WIB, belasan jurnalis siap dengan kamera dan handphone masing masing, untuk merekam gambar proses sortir dan lipat surat suara, di gudang tersebut. Namun aktivitas meliput itu dilarang oleh Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi. Jurnalis kemudian mencoba mengintip dan mengambil gambar melalui pintu gudang belakang yang sedikit terbuka, tetapi aktivitas itu tetap saja dilarang.

Belasan jurnalis kemudian bertanya, alasan mereka dilarang meliput aktivitas sortir dan lipat surat suara tersebut. Mendapat pertanyaan itu, Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi menjawab " Koq ada apa gerangan, wes mas, yang masuk ke gudang penyortiran memang hanya yang berkepentingan, misalnya petugas petugas yang sudah direkrut," kata Ninik. Melihat reaksi jurnalis yang tetap bertahan untuk meliput, Ninik kemudian menelfon Ketua KPU kota Kediri dan KPU Provinsi Jawa Timur.

Sebagian jurnalis kecewa akhirnya pulang dan melanjutkan liputan di lokasi yang lain. Setelah menunggu cukup lama, sekitar pukul 10.00 WIB, sedikit jurnalis yang masih berada di lokasi, kemudian diperbolehkan masuk ke gudang sebentar ditempat yang sudah dibatasi, untuk mengambil gambar dan foto proses penyortiran dan lipat surat suara tersebut.

Pelaku

Ninik Sunarmi, Ketua KPU Kabupaten Kediri
Ketua KPU Kabupaten Kediri
Aparat Pemerintah

Korban

13 jurnalis di Kediri (Nama Samaran)
Kab. Kediri
Jurnalis
Media Televisi, Media Cetak, dan Media Online
Lainnya

Laporkan Kekerasan Terhadap Jurnalis Sebagai:

Anggota AJI Tamu

Pilih Data:

 
 

Berdasarkan Jenisnya:

Berdasarkan Pelaku:

Berdasarkan Kota: