2019-12-12
Kota Bandung


Kronologis:

Penggusuran paksa oleh personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung di pemukiman RW 11, Tamansari, Kota Bandung, berakhir ricuh. Warga menolak penggusuran yang terkesan mendadak tersebut. Kerusuhan bermula saat backhoe yang dibawa Satpol PP mulai bergerak untuk meratakan sisa-sisa bangunan.

Saat itu, sejumlah warga dan massa aksi solidaritas mengadang backhoe tersebut. Kerusuhan tak terhindarkan saat proses tersebut. Massa dengan aparat saling melempar batu. Saat itu, koresponden Jakarta Post Adi Marsiela berada tepat di titik kerusuhan. Ia berusaha mengabadikan gambar kerusuhan tersebut dari dekat.

Adi Marsiela mengambil beberapa momen aparat melakukan kekerasan terhadap warga dan massa aksi. Bahkan, saat polisi melakukan pengejaran terhadap salah seorang warga, Adi ikut, menghampiri. Adi pun mencoba mengambil gambar pada momen polisi memukul secara brutal salah seorang warga tepat di pintu masuk Balibur Town Square. Saat itulah Adi mulai dihalang-halangi.

Berdasarkan video yang tersebar di media sosial, Adi nampak ditahan oleh sejumlah polisi. Aktivitas jurnalistiknya diganggu oleh aparat menggunakan tameng. Adi mengaku saat itu ia mencoba memaksa. Namun, ia tak kuasa menembus kerumunan polisi yang sengaja menghalanginya.

Tak hanya di situ, saat kerusuhan bergeser ke arah jalan raya Tamansari, Adi pun mencoba kembali mengabadikan momen. Di sana ia melihat ada warga yang juga dikeroyok oleh polisi.

Saat itu, sejumlah aparat menghampiri Adi. Adi yang sudah menggunakan kartu persnya sempat ditanya oleh parat. Ia menjawab dari media. Adi mengaku sempat dikerubuni oleh sejumlah aparat. Bahkan, ia merasa ada tendangan ke arah kakinya. Tendangan tersebut diduga dilakukakan oleh aparat yang mengerubunginya.

Tak ada gambar yang minta dihapus oleh aparat. Adi masih bisa mengirim gambar-gambar tersebut ke kantornya.

Menurut kesaksian Adi, saat kerusuhan tersebut, sejumlah aparat melarang warga di sekitar Tamansari mengambil gambar melalui ponsel. Setiap warga yang ketahuan, aparat langsung menghampiri dan mengahapus secara paksa video atau foto yang sudah terekam di ponselnya.

Pelaku

Pelaku Tidak dikenal
Polri
Polisi
Polri

Korban

Adi Marsiela (Nama Samaran)
Jakarta Post
Media Online

Laporkan Kekerasan Terhadap Jurnalis Sebagai:

Anggota AJI Tamu

Pilih Data:

 
 

Berdasarkan Jenisnya:

Berdasarkan Pelaku:

Berdasarkan Kota: