2019-08-21
Kota Jakarta Selatan
Kamis (22/8/2019) jurnalis tabloidjubi.com Victor Mambor menjadi korban kekerasan dalam bentuk doxing di media sosial twitter oleh akun bernama Dapur (@antilalat). Doxing adalah pelacakan dan pembongkaran identitas jurnalis yang menulis tidak sesuai aspirasi politik pelaku, lalu menyebarkannya ke media sosial untuk tujuan negatif

Akun Dapur menuding Victor sebagai pemasok informasi negatif dan propaganda negatif bagi pengacara hak asasi manusia Veronica Koman. Victor juga dituding sebagai penghubung antara sayap OPM di luar negeri dengan sayap OPM yang beraksi di pedalaman.

Rabu (21/8/2019), akun Dapur juga menuding Vernonica Koman dan Febro Firdaus sebagai boneka Victor Mambor. Menurut akun Dapur, Victor memposisikan diri di belakang layar agar terlepas dari perhatian publik. Tulisan ini juga menyertakan unggahan tulisan sebelumnya pada 23 Juli 2019 yang berisi tudingan Victor Mambor berada dibalik semua kekacauan di Papua.

Cuitan pada tanggal 23 Juli 2019 itu kemudian ke sejumlah akun pemerintah dan aparat yaitu @KSPgoid, @Kemlu_RI, @PolhukamRI, @DivHumas_Polri, @Dr_Moeldoko, @BSSN_RI, @Puspen_TNI, @BIN, @HmsPoldaPapua, @Kodam17Cen.

Pelaku

Pelaku Tidak dikenal
Tidak Dikenal

Korban

Febro Firdaus (Nama Samaran)
Aljazeera
Media Online

Laporkan Kekerasan Terhadap Jurnalis Sebagai:

Anggota AJI Tamu

Pilih Data:

 
 

Berdasarkan Jenisnya:

Berdasarkan Pelaku:

Berdasarkan Kota: