2019-05-22
Kota Jakarta Barat
Pada Rabu (22/5) malam saya melakukan liputan aksi massa di sekitar daerah Slipi, tepatnya di flyover samping Mall Slipi Jaya. Pada saat saya datang sekitar pukul 19.00 WIB, kerusuhan sudah terjadi. Saya mulai meliput kejadian di sisi kanan brikade brimob. Massa melakukan pelemparan molotov, batu, serta petasan kearah brimob yang bertugas. Dan dibalas dengan tembakan gas air mata.

Sekitar pukul 20.00, rekan saya, Erlina yang juga reporter Gatra datang ke tempat kejadian untuk sama-sama melakukan liputan. Kisruhan masih berlangsung sampai akhirnya tim baracuda dan anggota brimob tambahan lainnya datang untuk memukul mundur massa.

Anggota brimob berhasil memukul mundur massa, dan menangkap beberapa orang yang dianggap provokator dalam kerusuhan tersebut. Beberapa orang yang tertangkap ini akhirnya menjadi bulan-bulanan sejumlah anggota brimob. Saya beserta pewarta lainnya (sekitar 2 wartawan lainnya, 1 wartawan foto, 1 lagi mengambil video) mencoba untuk mengabadikan moment tersebut.

Namun saya malah mendapat teriakan dan perlakuan kasar serta pengrusakan yang dilakukan sekitar 2 orang oknum brimob pada saat itu. Satu orang diantaranya memukul tangan, selangkangan (sekitar alat vital), dan ponsel saya sampai mengakibatkan kerusakan. Padahal pada saat dilarang untuk mengambil video, saya sudah mengangkat ID PRESS saya sebagai sinyal bahwa kami adalah wartawan yang sedang bertugas serta menghentikan rekaman kami. Namun mereka tidak mengindahkan dan tetap melakukan perlakuan seperti yang sudah diterangkan diatas.

Tidak hanya itu, kami dikejar yang mengakibatkan kami harus lompat dari pinggiran flyover dan lari ke pinggir jalan dan bergabung dengan wartawan lainnya. Beberapa oknum brimob juga meneriaki salah satu wartawan lainnya yang juga lari dari tindakan kasar oknum petugas brimob. Oknum tersebut meneriakkan kata-kata yang mengintimidasi seperti “Kejar itu kejar! Tembak tembak!”

Pelaku

Pelaku Tidak dikenal
Brimob
Brimob
Polisi
Polri

Korban

Drean Muhyil Ihsan (Nama Samaran)
reporter
Gatra
Mingguan