2019-03-05
Kota Medan
Usai peliputan hari K3 Nasional, lima wartawan diancam akan ditembak dan dihina oleh dua security PT Pelindo I Cabang Belawan, di Jalan Sumatera Belawan I Kecamatan Medan Belawan. Selasa (05/03/2019).

Kelima wartawan yang meliput di wilayah Medan Utara yaitu bernama Suprapto alias Boim dari Transparannews.com , Surya dari PAB.com , Sigit dari TVRI, Kinoi dari perwartaonline dan Hamdan Nasution dari metro sumut.com mereka diancam akan dihabisi dan dipukuli oleh Erwin Satpam PT Pelindo 1 Cabang Belawan jika ketemu diluar Selasa (05/03/2019).

Selain mendapat pengancaman dari Erwin, Kelima Jurnalis juga dihina dengan kata-kata kasar dan dihina sebagai seorang jurnalis," wartawan paok, wartawan sampah, kalau jumpa diluar ku pukuli dan kuhabisin kalian " Kata Erwin Satpam Pelindo 1 Belawan.

" Sapa yang gak senang sama ku, Bilang biar ku pukul, dua pukulan tumbangnya kalian, biar tau kalian, Emang aku takut sama kalian wartawan paok, Kalian wartawan sampah " Sebut Erwin.

Sementara itu teman Erwin yang tidak di ketahui namanya, yang juga seorang Security Pelindo 1 Belawan, Juga mengancam akan menghabisi kelima wartawan tersebut dengan pistol.

" Ku tembaki kalian wartawan, Pikir kalian kami satpam disini kaleng-kaleng, kami ada deking juga, Kalian lapor sana sama Kapolres dan Kapolda, Enggak takut " Ucap security tersebut dengan angkuhnya

Sebelumnya, Boim memarkirkan kendaraan nya keparkiran yang berada di depan kantor Pelindo, kemudian selesai dari sana ia bertujuan hendak pulang. Namun saat ia melihat ke parkiran sepeda motor Yamaha Mio Soul nya tidak ada di tempat dimana tempat kali Boim memarkirkan kendaraannya.

Boim pun berusaha mencarinya yang dibantu oleh keempat rekannya dan bertanya kepada security bernama Erwin yang bertugas menjaga sepeda motor diparkiran tersebut. Namun bukannya menjawab dengan sopan Erwin malah memaki dengan omongan yang tidak sopan.

Akibat kejadian tersebut kelima wartawan tersebut merasa terancam. Boim mewakili Kelima Jurnalis mengatakan pengancaman dan penghinaan dirinya sebagai seorang jurnalis diduga dilakukan oleh dua orang Satpam PT Pelindo I Cabang Belawan bernama Erwin dan satu tidak diketahui namanya.

Boim mendesak kepada pihak Polres Pelabuhan Belawan, Untuk menangkap pelaku penghinaan dan pengancaman, Supaya kedepannya tidak ada lagi penghinaan dan pengancaman kepada wartawan " Desaknya.

Terkait hal tersebut, Kelima Jurnalis telah melaporkan kedua satpam PT Pelindo I Cabang Belawan ke Polres Pelabuhan Belawan pada Selasa, 05 Maret 2019, Nomor : LP/71/III/2019/SU/SPKT.Pel.Blw.

Sementara Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis SH, MH dirinya sudah mendapat laporan tersebut," Secepatnya kami akan mengamankan Pelaku tersebut, Karena sangat anarkis terhadap wartawan " Kata Kapolres.

Pelaku

tidak dikenal
Kota Medan
security PT Pelindo I Cabang Belawan
Warga

Korban

Suprapto alias Boim dari Transparannews.com (Nama Samaran)
Transparannews.com
Media Online

Laporkan Kekerasan Terhadap Jurnalis Sebagai:

Anggota AJI Tamu

Pilih Data:

 
 

Berdasarkan Jenisnya:

Berdasarkan Pelaku:

Berdasarkan Kota: