2018-03-23
Kota Jakarta Utara
Adi Wijaya (27), wartawan yang diintimidasi oleh delapan sekuriti Hotel Alexis melaporkan kejadian tersebut ke Polda Metro Jaya.

Usai membuat laporan polisi, Adi mengatakan, sekuriti tersebut dikenakan tindak pidana bidang pers. Laporan itu sendiri diterima dengan nomor LP/1601/III/2018/PMJ/ Dit. Reskrimum.

“Dengan Pasal 18 ayat (1) UU RI No.40 tahun 1999 tentang Pers,” ucapnya di Polda Metro Jaya, Jumat (23/3/2018).

Dikatakan Adi, awalnya ia bersama dua pewarta lainnya ingin meliput kegiatan penutupan Alexis.

“Kita datang bertiga niatnya mau ngecek. Habis parkir di dalam, kita ke depan Hotel Alexis untuk nanya ke sekuriti benar tidak kabar mau ada penutupan,” katanya.

Salah satu sekuriti menanyakan Id Card Adi. Ia pun sempat difoto oleh sekuriti lain. Usai memberikan Id Card, sekuriti yang tidak diketahui namanya itu menjawab tidak tahu soal adanya penutupan Alexis.

Adi dibawa oleh sekuriti tersebut, diiming-imingi untuk bertemu dengan humas Alexis. Namun, Adi malah digiring ke pos sekuriti.

Saat itu, Adi menyuruh dua rekannya untuk menjauh dan tidak mengikuti dirinya masuk ke dalam pos. Di dalam pos itu ada delapan orang sekuriti bertubuh besar. Ada satu pimpinannya yang rambutnya dikuncir ke belakang duduk di kursi yang ada meja.

Sekuriti tersebut mencecar sejumlah pertanyaan kepada Adi seraya mengebrak meja dan marah-marah. Mengintimidasi dan menanyakan asal, informasi yang didapat. Meski telah dijawab jujur, petugas sekutiti tersebut tidak percaya dan menganggap dirinya anggota polisi menyamar menjadi jadi wartawan.

Selama satu jam ia tidak diperbolehkan pulang. Adi disandera oleh kawanan sekuriti Alexis selama satu jam. Beruntung, ia tidak mengalami kekerasan fisik. Setelah sejumlah pewarta Utara datang, ia meminta bantuan Noris SCTV untuk menjelaskan.

Pelaku

Pelaku Tidak dikenal
Kota Jakarta Utara
Petugas security
Ormas

Korban

Adi Wijaya (Nama Samaran)
Kota Jakarta Utara
jurnalis
-
Media Online

Laporkan Kekerasan Terhadap Jurnalis Sebagai:

Anggota AJI Tamu

Pilih Data:

 
 

Berdasarkan Jenisnya:

Berdasarkan Pelaku:

Berdasarkan Kota: