2018-02-10
Kab. Tulang Bawang
Redaksi dan Kepala Biro JakartaDaily.ID wilayah Tulang Bawang, Chandra Foetra S diancam oleh narasumber sebab kegiatan jurnalistiknya meliput dugaan penyelewengan dana. Ancaman dilakukan oleh Ketua DPC LSM Forkorindo Kabupaten Tulang Bawang Lampung, Alian Toni.

Ancaman dilakukan oleh Alian lewat telepon. Pengancaman tersebut terjadi pada saat Chandra sedang dirawat di rumah sakit Penawar Medika di Kabupaten Tulang Bawang, Lampung. Chandra sempat merekam ancaman yang diterimanya.

Ancaman berbunyi “Saya udah nggak tahan lagi, saya udah nggak tahan lagi ya, kamu ketemu saya ya, kamu bawa pistol kamu, bawa kamu senjata tajam kamu, mana di antata dua kita yang mati duluan, kalau kamu berani kamu naikin beritanya, kamu ditantang Kalam (Kabid Sapras Disdik Tulang Bawang) Anjxxng, kamu bilang sama Wartawan kawan-kawan kamu ya,” ungkap Alian.

Ancaman diterima setelah Chandra mempertanyakan kelanjutan berita dugaan penyelewengan dana alokasi khusus (DAK) tahun anggaran 2017 yang dikelola oleh Dinas Pendidikan Tulang Bawang yang diungkapkan oleh Alian Toni kepada wartawan.

Alian mengatakan bahwa Dinas Pendidikan Tulang Bawang diduga telah membagi-bagikan uang keamanan dana DAK tahun anggaran 2017 kepada sejumlah oknum wartawan dan LSM dan diduga dana tersebut dijadikan ajang korupsi oleh kepala bidang sarana dan prasarana Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan Tulang Bawang, Kalam. Berita tersebut sempat menjadi viral disejumlah media nasional, namun ketika dipertanyakan kembali, Alian Toni (terlapor) malah marah-marah dan mengancam akan menganiaya wartawan atas nama Chandra.

Kasus ancaman ini telah secara resmi dilaporkan ke Polres Tulang Bawang.

Pelaku

Alian Toni
Kab. Tulang Bawang
LSM
Warga
Ketua DPC LSM Forkorindo Kabupaten Tulang Bawang Lampung

Korban

Chandra Foetra S (Nama Samaran)
Kab. Tulang Bawang
Wartawan
JakartaDaily.ID
Media Online

Laporkan Kekerasan Terhadap Jurnalis Sebagai:

Anggota AJI Tamu

Pilih Data:

 
 

Berdasarkan Jenisnya:

Berdasarkan Pelaku:

Berdasarkan Kota: