2018-03-29
Kota Ambon
Kandidat Gubernur Ambon Said Assagaff mengintimidasi jurnalis yang mengambil foto pertemuannya dengan beberapa kepala dinas setempat. Pukul 16.30 WIT Calon Gubernur atas nama Said Assagaff bersama para Kepala Dinas duduk di meja tengah Warung Kopi Lela sambil menikmati sajian kopi. Para pejabat yang duduk bersama calon gubernur itu diantaranya : Sekda Maluku Hamin Bin Taher, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Ismail Usehamu, Kepala Dinas Pendidikan Saleh Thio, dan staf ahli Gubernur Maluku Husen Marasabessy serta beberapa pengurus partai politik pendukung.

Seperti biasa teman-teman wartawan setelah melakukan liputan hendak nongkrong di rumah kopi lela sambil mengetik naskah berita.
Ketua AJI Ambon tiba di rumah kopi lela pukul 17.30 WIT dan duduk di meja dekat kasir. Tidak lama Sam Hatuina, jurnalis Ambon dan beberapa rekan lainnya datang ke tempat sama setelah meliput kegiatan BPOM.

Saat menunggu pesanan, Ketua AJI Ambon mendengar dengan jelas perintah Asisten III Gubernur Maluku yang meminta agar Sam Hatuina salah satu wartawan lokal Rakyat Maluku untuk menghapus gambar. " He oce foto-foto untuk apa? Hapus, polisi mana, polisi mana" ujar Husen.

Calon gubernur Maluku Said Assagaff juga ikutan mendesak Sam menghapus gambar tersebut. "Kamu hapus foto itu," seru calon gubernur. Sembari itu beberapa pria berbaju preman menghampiri Sam dan merampas Head Phone serta mengintimidasinya.
Sam lalu menyerahkannya. Mereka lalu pergi dari Sam, tapi hp dalam kenadaan terkunci. Sehingga oknum berbaju preman itu meminta Sam untuk membuka kunci phone.

Melihat Sam yang sudah tersudut, Ketua AJI Ambon menanyakan sikap para pemuda itu. Karena itu pemuda yang mengintimidasi Sam menuju tempat duduk Ketua AJI Ambon. Di tengah keributan salah satu bapak atas nama Abu Bakar Marasabessy alias Abu King mendadak melayangkan dua kali tamparan ke wajah Ketua AJI Ambon. Setelah itu mereka terus mencoba dekati saya tapi gagal karna beberapa wartawan ikut melarai.

Ironisnya ditengah aksi para preman itu Calon Gubernur yang duduk bersama para Kepala Dinas hanya tiga meter dari posisi saya malah mengeluarkan kata-kata intmidasi yang didengar beberapa teman berupa " Jangan macam-macam dengan saya."

Kata yang sama juga diucapkan kepada Sam oleh salah satu pemuda. Bahkan pemuda itu dengan nada ancamana meminta Sam dan awak media lainnya untuk tidak menberitakan peristiwa ini" Jang sampe besok kamong tulis akang ee inga" itu pesan pemuda.(*)

Pelaku

Said Assagaff
Kota Ambon
Pejabat Pemerintah / Eksekutif

Korban

Sam Hatuina, Abdul Karim Angkotasan (Nama Samaran)
Kota Ambon
Jurnalis
Rakyat Maluku
Harian

Laporkan Kekerasan Terhadap Jurnalis Sebagai:

Anggota AJI Tamu

Pilih Data:

 
 

Berdasarkan Jenisnya:

Berdasarkan Pelaku:

Berdasarkan Kota: