2018-03-06
Kota Medan
Polda Sumut menangkap dua jurnalis media online sorotdaerah.com atas nama Jon Roi Tua Purba dan Lindung Silaban. Penangkapan dua jurnalis ini terkait pemberitaan pencemaran nama baik Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw. Kedua jurnalis ini ditangkap pada 6 Maret 2018 oleh Subdit II/Cyber Crime Polda Sumut.

Kejadiannya pada Selasa (6/3/2018) sekitar pukul 03.30 WIB pintu depan dan belakang rumah John Roi Tua Purba diketuk. Setelah dibuka beberapa orang mengaku sebagai petugas dari Polda Sumatera Utara dan Polres Pematangsiantar. Jon Roi Tua Purba sempat menanyakan tentang surat tugas lalu mereka menunjukkan surat tugas untuk menjemputnya guna diperiksa atas berita di sorotdaerah.com terkait dugaan penerimaan gratifikasi oleh Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw dari pengusaha Mujianto.

Hanya lima menit di Polres Pematangsiantar, dia kemudian dibawa ke Polda Sumut dan tiba di Polda sekitar pukul 05.30 WIB. Dia diperiksa sebagai pengelola media online sorotdaerah.com dari pukul 11.00 - 20.30 WIB. Selama diperiksa, barang-barang miliknya berupa 2 unit Hp, dan 1 unit laptop disita petugas. Sedangkan Lindung Silaban, sambung Ketua AJI Medan dijemput petugas dari Polda Sumut pada Selasa (6/3/2018) sekitar pukul 21.00 WIB. Lindung diperiksa sebagai Pemimpin Redaksi dan media online sorotdaerah.com. Menurut Lindung, berita tersebut merupakan berita rilis dari jurnalis di Polda Sumut. Saat menerima rilis tersebut dia sempat menghubungi Muslim Muis yang menjadi narasumber di dalam beritanya.

Terkait pemberitaan itu, pihaknya juga sudah melakukan konfirmasi ke Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting.
Konfirmasi tersebut juga sudah ditulis dalam berita yang sama. Sedangkan Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw tidak merespons panggilan telepon maupun tanggapan saat dihubungi di nomor selulernya. Selama diperiksa, sejak Selasa (6/3/2018) pukul 15.00 WIB, website sorotdaerah.com sudah tidak bisa lagi diakses, diduga telah dilakukan pemblokiran akses oleh Polda Sumut.

Pelaku

Polisi
Kota Medan
Polisi

Korban

Jon Roi Tua Purba dan Lindung Silaban (Nama Samaran)
sorotdaerah.com
Media Online

Laporkan Kekerasan Terhadap Jurnalis Sebagai:

Anggota AJI Tamu

Pilih Data:

 
 

Berdasarkan Jenisnya:

Berdasarkan Pelaku:

Berdasarkan Kota: