2018-01-21
Kota Bandung
Persib menarik ID Card wartawan Viva.co.id karena postiangan akun instagram @vivabola tentang perilaku Bobotoh di Stadion GBLA usai laga Persib vs PSMS Minggu (21/1/2018) yaitu "Waduh, botol berterbangan usai PSMS menang atas Persib. Semoga mental suporter Indonesia bisa lebih dewasa deh ke depannya, bosen lempar lempar kayak gini terus.. #persib #psms #pialapresiden dengan caption

Petugas kepolisian melindungi pesepakbola PSMS Medan Sadney Khoetage (tengah) dari lemparan botol seusai laga lanjutan Grup A Piala Presiden 2018 antara Persib Bandung melawan PSMS Medan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Minggu (21/1).

Viva mengabarkan ada pelemparan botol dari Bobotoh kepada pemain PSMS. Persib menyikapi tulisan di akun sosmed itu dengan menarik ID Card peliputan jurnalis http://viva.co.id di Piala Presiden 2018 Grup A.

Pihak Viva memberikan klarifikasi sekaligus minta maaf.

Berikut klarifikasi VIVAbola terkait unggahan di IG pada hari Senin, 22 Januari 2018, usai laga Persib Bandung melawan PSMS Medan.
1. Kami tegaskan kalau berita soal pelemparan usai laga tersebut bukanlah hoax tapi memang telah terjadi pelemparan oleh oknum suporter.
2. Hal tersebut sudah kami konfirmasi kepada reporter VIVA di Bandung, dan dibenarkan telah terjadi pelemparan. Kami melaporkan apa yang terjadi tanpa ada keberpihakan.
3. Namun, pelemparan tersebut bersifat sporadis (asal-asalan) tidak fokus mengarah ke pemain PSMS. Setelah dapat kabar tersebut, kami langsung melakukan koreksi. Kesalahan murni di kami.
4. Kami meminta maaf atas terjadinya kesalahan tersebut. Tidak ada maksud untuk menyudutkan satu pihak dan tidak untuk niat untuk mengadu domba suporter Persib Bandung dan PSMS Medan.
5. Kami tegaskan sekali lagi tidak pernah ada justifikasi terhadap kelompok atau organisasi suporter manapun dalam tulisan kami (baik suporter Persib, Bobotoh, Viking, Bomber, atau yang lain).
6. Soal caption perbaikan mental, murni ditujukan untuk suporter dalam lingkup nasional (bukan mengarah ke satu kelompok suporter saja). .

Sikap VIVAbola selalu jelas untuk masalah suporter, kami tidak setuju dengan aksi keributan atau pelemparan di dalam stadion, tak peduli siapa pun klubnya. Bisa dilihat dari postingan kami sebelumnya. . Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca klarifikasi ini. Semoga kejadian ini bisa membuat kami dan semua pihak lebih dewasa dalam menghadapi suatu kejadian. . Hanya satu tujuan kami, membangun atmosfer sepakbola yang aman dan nyaman dari dan untuk semua suporter Indonesia. . . Wasalam, . VIVAbola .


Meski sudah minta maaf, Panpel Persib Bandung tetap mengambil menarik tanda pengenal (ID Card) peliputan milik wartawan Viva.co.id di Piala Presiden 2018 Grup A.

Pelaku

Persib Bandung
Kota Bandung
Panitia Pelaksana Persib
Ormas
Persib Bandung

Korban

Adi (Nama Samaran)
Kota Bandung
reporter
Viva.co.id
Media Online

Laporkan Kekerasan Terhadap Jurnalis Sebagai:

Anggota AJI Tamu

Pilih Data:

 
 

Berdasarkan Jenisnya:

Berdasarkan Pelaku:

Berdasarkan Kota: