2016-08-15
Kota Medan
Oknum TNI Angkatan Udara Lanud Soewondo Medan melakukan penganiayaan saat terjadi unjuk rasa warga Sarirejo. Salah satu wartawan yang dianiaya, Array Argus dari Tribun Medan, mengatakan, kejadian itu berlangsung ketika ia sedang mewawancarai seorang ibu yang anaknya disekap oleh oknum TNI AU.

"Sekitar pukul 4 sore tadi aku lagi wawancara dengan ibu-ibu warga Jalan Pipa Dua. Anaknya Yogi umur 12 tahun disekap. Tiba-tiba kutengok ada 3 truk TNI masuk, mereka bawa tameng, pentungan dan besi-besi," ujar Array.

Ia mengatakan oknum TNI AU itu langsung turun dari truk dan memukul-mukul rumah warga di kawasan Simpang Teratai.

"Lalu mereka datang ke arah Kami, langsung nanya: Kau siapa? Aku wartawan. Mana ID kau? Ini Bang. Tapi yang lain langsung menarik saya, ini yang tadi ini, ambil aja," ujar Array.

Puluhan oknum Paskhas TNI AU itu pun menginjak-injak dan memukulinya. Para jurnalis lainnya, Andri Safrin (MNC TV), Teddy Akbari (Harian Sumut Pos), Fajar Siddik (medanbagus.com), Prayugo Utomo (menaranews.com), dan Del (matatelinga.com) juga mengalami kekerasan. Kasus itu telah dilaporkan kepada POM AU, namun proses hukum sangat lamban.

Sumber:
http://regional.kompas.com/read/2016/08/16/13511131/kronologi.kekerasan.oknum.tni.au.terhadap.wartawan.dan.warga.di.medan
http://www.menaranews.com/kekerasan-tni-au-terhadap-jurnalis-ketua-dewan-pers-temui-panglima-besok/

Pelaku

TNI
Kota Medan
TNI
TNI Angkatan Udara Lanud Soewondo Medan

Korban

Array Argus (Harian Tribun Medan), Andri Safrin (MNC TV), Teddy Akbari (Harian Sumut Pos), Fajar Siddik (medanbagus.com) (Nama Samaran)
Kota Medan
Jurnalis
Harian Tribun Medan, MNC TV, Harian Sumut Pos, medanbagus.com, menaranews.com, matatelinga.com
Harian

Laporkan Kekerasan Terhadap Jurnalis Sebagai:

Anggota AJI Tamu

Pilih Data:

 
 

Berdasarkan Jenisnya:

Berdasarkan Pelaku:

Berdasarkan Kota: