2021-11-16
Kota Bandar Lampung
Jurnalis lampungsegalow.co.id berinisial CS dan jurnalis lampungone.co berinisial ES mengalami kekerasan verbal dan pelarangan liputan di kantor Go-Jek Lampung, Selasa, 16 November 2021. Saat itu, kedua jurnalis media lokal di Lampung ini, akan meminta konfirmasi terkait penangkapan calo akun Go-Jek. Konfirmasi kepada narasumber atau pihak yang disebut dalam pemberitaan merupakan kewajiban jurnalis. Namun dalam upaya tersebut, karyawan Go-Jek berlaku tidak bersahabat dan menghardik jurnalis yang akan meminta konfirmasi.

Hari Selasa, sekitar pukul 15.00 WIB, Kedua jurnalis CS dan ES datang di kantor Go-jek, di Jalan Woltermonginsidi, no. 177, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung. Disana sudah ramai driver gojek dari komunitas Unit Reaksi Cepat (URC) GO-JEK Lampung.

Kedua jurnalis kemudian mulai berbincang dengan Ketua URC, Edi Sorban terkait penangkapan calo akun GO-Jek. Sekitar lima menit kemudian, Riski Mauliddia (Driver Engagement GO-JEK Lampung), salah satu karyawan di Kantor Go-jek, mendekati jurnalis CS dan ES. Tiba tepat di depan keduanya, Riski langsung berbicara dengan nada tinggi:

“Ini dari mana? Gak pake media-media, ngapain pake media. Siapa yang mengatakan ada penangkapan, siapa? Siapa yg minta tolong untuk telpon dari media?,” kata Riski.

Riski juga mengatakan, pihaknya tidak mengizinkan media untuk menanyakan penangkapan calo tersebut. “Ada suratnya kesini? Kalo gak ada pulang ya!” cetus dia.

Saat CS dan ES ingin menyerahkan surat tugas kepada pihak GO-JEK, Riski kembali melontarkan kalimat tidak bersahabat. “Emang surat tugasnya harus ke kantor gojek? Tidak ada arahan kesini kan? Iya memang kitanya boleh tidak, Kitanya kan tidak mengizinkan!,” kata Risky sembari bergegas masuk kembali ke dalam kantor Go-Jek Lampung.

CS dan ES segera pulang dan melapor ke kantor redaksi tempat mereka bekerja, terkait penolakan dan sikap kasar yang diterima dari Riski, saat mereka menjalankan tugas jurnalistiknya.

Pelaku

Riski Mauliddia
Pekerja Profesional
Go-Jek Lampung

Korban

CS dan ES (Nama Samaran)
Jurnalis
Lampungsegalow.co.id dan Lampungone.com
Media Online