2021-08-07
Kota Jayapura
Kaca mobil Pemimpin Redaksi Cenderawasih Pos, Lucky Ireeuw dirusak oleh orang tidak dikenal (OTK) di Dermaga Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura. Kekerasan ini diperkirakan kejadian ini pada Sabtu, 7 Agustus 2021 malam.

Lucky yang juga ketua AJI Jayapura menuturkan, kronologis kejadian ini bermula Ketika dia bersama keluarganya mengunjungi rumah orang tua di Kampung Tobati.

Perjalanan dari dermaga pantai Hamadi ke Tobati menggunakan perahu motor speedboat milik. Lucky memarkirmobilnya di dekat Dermaga Hamadi pada Sabtu Sore sekitar pukul 17.00 WIT. Selain mobil Lucky, ada juga dua mobil lainnya diparkir di dekat dermaga tersebut.

Rencananya mereka akan kembali ke dermaga sekitar pukul 21.00 WIT. Namun, mereka terpaksa menginap di Tobati, karena hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut.

Keesokan harinya, Minggu 8 Agustus 2021, mereka kembali ke dermaga di Hamadi sekira pukul 6.30 WIT. Saat tiba di tempat parkir, Lucky menemukan lubang besar di kaca mobil di bagian kanan depan. Diperkirakan lubang tersebut akibat terkena pukulan benda tertentu.

Terdapat dua keanehan dalam peristiwa ini. Pertama, tidak ada satu pun barang berharga di mobil Lucky yang dicuri. Jika oknum yang memecahkan kaca tujuannya untuk mencuri, isi mobil Lucky tetap utuh. Fakta berikutnya, dua mobil lainnya yang parkir berdekatan dengan mobil ketua AJI dalam kondisi baik-baik saja, atau tidak ada kerusakan apapun.
Lucky telah melaporkan kejadian tersebut kepada petugas Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Jayapura Selatan yang bertugas di Tobati, agar insiden ini segera ditindaklanjuti.

Sebelumnya, Intimidasi dialami jurnalis yang juga Pemimpin Umum Tabloid Jubi, Victor Mambor di Jayapura pada tanggal 21 April 2021. Mobil Viktor yang juga anggota Majelis Organisasi AJI Indonesia dirusak orang tak dikenal. Kaca sebelah kanan mobilnya bolong dan hancur oleh benda keras. Bodi mobil sicoret spidol.

AJI Jayapura mengecam segala tindakan kekerasan maupun intimidasi terhadap insan pers di Papua, dan meminta Polresta Jayapura segera menyelidiki motif di balik aksi penyerangan kaca mobil Pimred Cenderawasih Pos tersebut.

Hingga awal Oktober 2021, polisi telah melakukan olah TKP dan masih melakukan penyelidikan untuk kasus ini, dan belum mempublikasikan hasilnya.

Pelaku

Pelaku Tidak dikenal
Tidak Dikenal

Korban

Lucky Ireeuw (Nama Samaran)
Jurnalis
Cenderawasih Pos
Harian

Laporkan Kekerasan Terhadap Jurnalis Sebagai:

Anggota AJI Tamu

Pilih Data:

 
 

Berdasarkan Jenisnya:

Berdasarkan Pelaku:

Berdasarkan Kota: