2022-04-29
Kota Medan
Akun YouTube Kabar Medan TV mengalami gangguan pada akhir April 2022. Redaksi dan manajemen KABAR MEDAN TV mencatat, gangguan itu dimulai pada Jumat 29 April 2022, pukul 06.48 WIB.
Kemudian pukul 07.00 WIB, redaksi mencoba mengakses KABAR MEDAN TV, menggunakan akun email admin, dan ternyata channel dalam kondisi terlogout. Redaksi mencoba login menggunakan akun email admin di channel tersebut, dan muncul notifikasi bahwa channel telah dihapus secara permanen.

Pukul 07.05 WIB dilakukan security check di akun email utama dan akun email admin untuk mengakses channel, dan tidak ada keanehan apa pun. Di inbox email juga tidak ada sesuatu yang “terindikasi tidak biasa”. Two-factor authentication di kedua akun email juga dalam kondisi baik, dan tidak ada sesuatu yang menunjukkan “kondisi tidak secure”. Hingga saat ini kedua email tersebut sudah dikendalikan dan password telah diganti, serta logout dari semua device untuk langkah pengamanan.

Pukul 10.00 WIB, redaksi melakukan banding, dengan mengisi form “appeal” dalam email pemberitahuan dari YouTube bahwa channel telah diremove. Pukul 10.06 WIB masuk email balasan dari YouTube, bahwa mereka akan melakukan investigasi dalam waktu 2 hari kerja atau lebih lama. Pada pukul 10.11 WIB kembali masuk email dari YouTube, bahwa mereka tidak bisa melakukan restore akun Google yang terhapus.

Pukul 10.33 WIB, redaksi mencoba menghubungi Bapak Jason Tedjasukmana, Head of B2B and Corporate Communications, Google Indonesia, untuk melaporkan dan meminta bantuan. Pada pukul 18.08 WIB, beliau membalas pesan dan menyarankan untuk menghubungi tim YouTube melalui Help Center.

Pukul 18.09 WIB, redaksi mencoba mention akun Twitter @TeamYouTube dan melaporkan masalah dan meminta bantuan. Namun belum mendapar respon.

Pelaku

Pelaku Tidak dikenal
Tidak Dikenal

Korban

Kabar Medan TV (Nama Samaran)
Kabar Medan TV

Anggota AJI Tamu

Pilih Data:

 
 

Berdasarkan Jenisnya:

Berdasarkan Pelaku:

Berdasarkan Kota: