2022-05-12
Kota Makassar
Enam media di Makassar digugat secara perdata di Pengadilan Negeri (PN) Makassar. Enam media tersebut adalah Antara News, Terkini News, Celebes News, MakassarToday dan Kabar Makassar dan Radio Republik Indonesia (RRI).

AJI Makassar mencatat surat gugatan itu tercatat di PN Makassar tertanggal 31 Desember 2021, dan sejauh ini telah melalui proses persidangan beberapa kali sejak 18 Januari 2022, hingga proses mediasi. Namun, dalam proses mediasi kedua pihak tidak menemui kesepakatan hingga PN Makassar mengagendakan sidang pembacaan jawaban para tergugat, pada Kamis pagi (12/5/2022). Dalam surat gugatannya, penguggat meminta Pengadilan Negeri
Makassar untuk meminta enam media tersebut membayar ganti rugi senilai lebih dari Rp100 triliun.

AJI Makassar mencatat pihak penggugat menggunakan dasar dan alasan melayangkan gugatan yakni pemberitaan yang menyebut M. Akbar Amir bukan keturunan Raja Tallo. Berita tersebut diperoleh wartawan enam media tersebut dari hasil konferensi pers yang digelar Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (PEKAT) di Hotel Grand Celino Makassar, dimana yang bertindak sebagai narasumber dalam berita, yakni dua orang keturunan langsung dari Raja Tallo, H Andi Rauf Maro Daeng Marewa dan Hatta Hasa Karaeng Gajang, pada 18 Maret 2016.

Upaya konfirmasi telah dilakukan beberapa media tersebut ketika itu. Namun hal itu tidak mendapat respons dari penggugat M Akbar Amir. Lima tahun kemudian, diketahui ada surat gugatan perdata yang didaftarkan ke PN Makassar oleh M Akbar Amir.

AJI Makassar menegaskan kasus pers seharusnya diselesaikan di Dewan Pers, bukan melalui jalur pengadilan. Karena UU Pers mengatur sengketa produk jurnalistik dapat diselesaikan menggunakan hak jawab. Kalau hak jawab dianggap belum memadai, pihak yang keberatan akan suatu berita, bisa mengadukan hal itu ke Dewan Pers.

AJI menilai gugatan perdata sebesar Rp100 triliun kepada enam media tersebut, telah didasari niat buruk untuk membangkrutkan perusahaan media tersebut. Dampaknya hal tersebut akan menghambat kerja media dan pers, dan membungkam media untuk melaksanakan tugas jurnalstiknya.

Pelaku

M Akbar Amir
Kota Makassar
Warga

Korban

Enam Media di Makassar (Nama Samaran)
Kota Makassar
Antara News, Terkini News, Celebes News, MakassarToday,Kabar Makassar, RRI

Anggota AJI Tamu

Pilih Data:

 
 

Berdasarkan Jenisnya:

Berdasarkan Pelaku:

Berdasarkan Kota: