2021-11-06
Kab. Muaro Jambi
Sejumlah jurnalis di Jambi, diusir dan dihalangi melakukan peliputan, saat Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjukan kerja ke pabrik pinang CV Indokara, di Jalan Suak Kandis, Desa Pudak III, Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, Sabtu, 6 November 2021.

Hari itu, merupakan hari kedua kunjungan Mentan ke Jambi. Media di Jambi diundang untuk meliput acara pelepasan ekspor pinang ke Pakistan yang dilakukan Menteri Pertanian.

Sebelum kedatangan menteri, para jurnalis telah dibriefing, untuk berdiri pada sebelah kiri gudang sesuai arahan petugas protokol. Hal tersebut sudah dilakukan oleh jurnalis.
Namun ketika menteri akan masuk ke dalam gudang, para unsur pengamanan menteri langsung meminta media keluar. Pengusiran juga terlihat dilakukan oleh menteri.

Peristiwa itu terekam kamera jurnalis. Dari rekaman video tersebut terlihat tim protokoler menteri mengusir jurnalis. Tidak lama kemudian, Mentan Syahrul yang didampingi Gubernur Jambi, Al Haris terlihat menggerakkan tangan supaya jurnalis keluar dari ruangan tersebut.

Media lokal setempat mengabarkan petugas humas Balai Karantina Pertanian yang melakukan pengambilan gambar juga ikut di usir bersama jurnalis keluar ruangan pabrik.
Pengusiran terhadap jurnalis sudah berlangsung sejak hari pertamanya di Jambi, Jumat (5/11).
Pada saat kegiatan menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo, di Balai Latihan Pertanian Jambi di Paal 16 Muaro Jambi, hanya satu media yang diperbolehkan masuk ke ruangan. Menteri juga mengusir jurnalis saat akan melakukan wawancara door stop.

Jurnalis di Jambi juga membantah jika alasan staf kementrian yang menyebutkan ada lebih 100 media di ruangan yang sempit, sehingga perlu diatur. Saat itu media hanya berjumlah belasan orang.
Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI) Jambi memprotes upaya pengusiran dan penghalangab liputan oleh tim protokoler kementerian pertanian tersebut.

Pelaku

Pelaku Tidak dikenal
Tim Protokoler dan Pengamanam Menteri Pertanian
Aparat Pemerintah

Korban

Jurnalis lokal di Jambi (Nama Samaran)
Jurnalis
Kompas TV, dan beberapa media Lokal di Jambi