2023-01-24
Kab. Polewali Mamasa
Seorang Jurnalis perempuan di Mandar, mengalami pelecehan oleh seorang pria tidak dikenal, saat perjalanan pulang mengendarai motor dari kabupaten Majene menuju Kabupaten Polman, Sulawesi Barat, pada Selasa malam, 24 Januari 2023. Korban baru selesai menyelesaikan beberapa kegiatan dan wawancara dengan narasumber malam itu.

Selasa malam itu, korban mengendarai motor sendiri setelah beraktivitas seharian di Majene. Sekitar pukul 23.00 WITA, saat korban berada di Jalan poros Polewali-Majene Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polman, seorang pria terlihat mengikutinya.

Pria itu diketahui mengendarai sepeda motor jenis Honda Beat berwarna hitam, dan dia tidak menyalakan lampu kendaraannya. Motor tersebut juga tidak mempunyai plat motor.
Ketika korban tiba di daerah Mapilli, pria itu merapat dan meminta korban secara paksa menepi ke pinggir jalan. Karena bingung, korban pun berhenti mengikuti instruksi orang tersebut.

Namun ketika berhenti, pria tidak dikenal itu, berjalan mendekat dan langsung memegang tangan korban. Korban berusaha menghindar dengan cara membelokkan setir motor sehingga tangan pelaku tersebut lepas dari lengan korban.

Tetapi pria tersebut kembali melakukan tindakan pelecehan, dengan memegang bagian dada korban. Aksi pria itu membuat korban sadar bahwa ia dalam bahaya, sehingga membuat korban panik dan ketakutan. Dalam keadaan panik dan takut, korban langsung mengebut kendaraannya meninggalkan lokasi tersebut.
Korban kemudian mencari lokasi yang cukup terang, dan segera mengirim pesan kepada teman- teman jurnalis di wilayah itu, melalui WhatsApp.

Setelah mengirim pesan, korban kemudian menuju rumah salah satu rekan jurnalis, yang tidak jauh dari lokasi tersebut, untuk menenangkan diri.

Malam itu juga, sekitar pukul 23:35 WITA, korban datang ke kantor Polsek Wonomulio, SulBar, untuk membuat laporan awal. Kemudian pada Rabu pagi, 25 Januari 2023, korban yang didampingi beberapa jurnalis di Mandar, untuk membuat laporan resmi ke kantor Polres Polman.

AJI Mandar menyatakan mengecam berbagai bentuk pelecehan dan kekerasan terhadap jurnalis perempuan. Organisasi ini juga meminta aparat kepolisian agar menyelidiki dugaan pelecehan tersebut, dan menghukum pelakunya.

Pelaku

Pelaku Tidak dikenal
Belum dikenal
Pengendara motor yang membuntuti motor korban
Tidak Dikenal

Korban

Jurnalis Perempuan yang dirahasiakan namanya (Nama Samaran)
Jurnalis
Sebuah media di Mandar, Sulbar (Rahasia)

Anggota AJI Tamu

Pilih Data:

 
 

Berdasarkan Jenisnya:

Berdasarkan Pelaku:

Berdasarkan Kota: