2017-04-28
Kab. Jaya Wijaya
Pembatasan peliputan di Papua tak kunjung berhenti, termasuk pembatasan peliputan persidangan di Pengadilan Negeri Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Tiga wartawan televisi dari Metro TV, Jaya TV, dan TVRI diintimidasi saat meliput sidang lanjutan pidana Pilkada Kabupaten Tolikara di Pengadilan Negeri Wamena pada 28 April 2017. Perkara itu melibatkan lima komisioner KPUD Tolikara sebagai terdakwa.

Sesaat sebelum persidangan dimulai, peliputan Ricardo Hutahean, jurnalis dari Metro TV bersama dua rekannya ditanyai oleh Ketua Majelis Hakim, Benyamin Nuboba. Di hadapan dua hakim anggota, Roberto Naibaho dan Ottow W. Siagian, Benyamin menanyai tujuan ketiga jurnalis menghadiri sidang yang seharusnya terbuka untuk umum itu. "Setelah memberikan penjelasan dan menunjukkan kartu pers, akhirnya kami diperbolehkan mengambil gambar," tutur Hutahean.

Seusai mengambil gambar, ketiganya berkumpul di salah satu ruangan di PN Wamena. Tiba-tiba sekitar 20 orang pengunjung sidang mendatangi mereka, dan menginterogasi ketiga jurnalis tersebut, dan menanyakan maksud pengambilan gambar dalam sidang kasus Pilkada di Tolikara. Mereka pun mengancam dan mengeluarkan kata makian bagi Ricardo dan kedua rekan wartawan, dan memaksa ketiganya menghapus video hasil liputannya.

Ketiga wartawan itu pun berupaya menjelaskan tentang fungsi pers yang akan memberikan informasi yang berimbang bagi publik. Sayangnya para oknum warga tersebut tidak menerima penjelasan dan hendak memukul mereka. Demi keamanan, ketiganya terpaksa menghapus video hasil liputannya. "Kami sangat menyesalkan karena tidak ada anggota polisi yang berseragam dalam persidangan tersebut. Padahal kami telah berkomunikasi dengan Kapolres Jayawijaya sebelum persidangan untuk meminta pengamanan," ungkap Ricardo.

Pelaku

Pelaku Tidak dikenal
Tidak Dikenal

Korban

Ricardo Hutahean (Nama Samaran)
Metro TV
Televisi

Laporkan Kekerasan Terhadap Jurnalis Sebagai:

Anggota AJI Tamu

Pilih Data:

 
 

Berdasarkan Jenisnya:

Berdasarkan Pelaku:

Berdasarkan Kota: