2016-11-04
Kota Jakarta Pusat
Sejumlah ormas Islam yang berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, melakukan intimidasi dan tindakan kekerasan terhadap jurnalis. Jurnalis yang menjadi korban intimidasi dan tindak kekerasan massa adalah seorang juru kamera Kompas TV Muhammad Guntur dan reporter bernama Mutiara.

Kejadian ini bermula ketika Guntur tengah mengambil gambar beberapa massa yang hendak melempar botol ke arah aparat Kepolisian. Kemudian, beberapa massa yang tidak terima melihat Guntur menyorot kejadian itu, lalu mengerubungi.

"Tadi kami sedang live, saya melihat ada massa yang melempar botol ke arah Polisi dan saya ambil gambarnya (rekam). Tapi ada seorang ustad (korlap) menunjuk-nunjuk saya dan meneriakkan turunkan gambarnya, lalu saya turunkan. Kemudian saya ditarik dan tiba-tiba sudah dikerumuni dan dipukul dari belakang kepala saya," kata Guntur di lokasi

Selain Guntur, terdapat dua wartawan lain yang juga menjadi korban saat terjadi kericuhan pada saat polisi membubarkan demonstrasi 4 November itu.

Sumber:
http://www.suara.com/news/2016/11/04/200245/ricuh-wartawan-kompas-tv-dipukul-pendemo
http://www.cnnindonesia.com/nasional/20161106162659-20-170660/tiga-wartawan-jadi-korban-amuk-pengunjuk-rasa-anti-ahok/

Pelaku

Ormas Islam
Jakarta
Kota Jakarta Pusat
Ormas
Ormas Islam

Korban

Muhammad Guntur dan Mutiara (Nama Samaran)
Jakarta
Kota Jakarta Pusat
Jurnalis
Kompas TV
Televisi

Laporkan Kekerasan Terhadap Jurnalis Sebagai:

Anggota AJI Tamu

Pilih Data:

 
 

Berdasarkan Jenisnya:

Berdasarkan Pelaku:

Berdasarkan Kota: