2016-12-19
Kota Jayapura
Empat wartawan diintimidasi sejumlah aparat keamanan di Wamena dan Kota Jayapura. Mereka adalah Christopel Paino dari media Mongabay Indonesia, Zely Ariane dari Tabloid Jubi, Wens Tebay, Majalah Asasi dan Arnold Belau dari media suarapapua.com.

Berdasarkan laporan kronologis yang diterima AJI, Christopel diintimidasi sejumlah aparat keamanan saat mengambil foto dan video kegiatan unjuk rasa simpatisan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) di sejumlah tempat di Wamena dengan menggunakan telepon seluler miliknya. Saat berlindung di rumah salah seorang warga, ada oknum tentara dan polisi menghampiri Christofel dan merampas telepon seluler miliknya. Mereka pun menghapus foto dan video hasil liputan Christofel.

Christofel sempat dibawa ke kantor polisi setempat dan dimintai keterangan. Aparat meminta surat tugas dari tempat kerja Christofel. Dia langsung menunjukkan kartu tanda identitas media dan membuka komunikasi antara pimpinan Mongabay dengan pihak kepolisian. Setelah itu, barulah Christofel diperbolehkan meninggalkan kantor itu.

Sementara Zely dan Arnold mendapatkan intimidasi berupa larangan mengambil gambar saat aparat menangkap puluhan simpatisan KNPB di Rusanawa Waena. Akan tetapi, tidak ada upaya penghapusan foto.

Terakhir Wens yang juga meliput aksi KNPB di Kota Jayapura tak hanya diintimidasi, dia juga sempat diamankan aparat kepolisian.

Sumber:
http://suarapapua.com/2016/12/21/aji-kota-jayapura-wartawan-bebas-meliput-segala-isu-papua/
http://tabloidjubi.com/artikel-2610-jurnalis-ditangkap-aji-tegaskan-wartawan-seharusnya-bebas-meliput-di-papua.html

Pelaku

Pelaku Tidak dikenal
Polisi
Jayapura
Kota Jayapura
Anggota polisi
Polisi
Polda Papua

Korban

Christopel Paino, Zely Ariane, Wens Tebay, dan Arnold Belau (Nama Samaran)
Jayapura
Kota Jayapura
Jurnalis
Mongabay Indonesia, Tabloid Jubi, Majalah Asasi, suarapapua.com
Media Online

Laporkan Kekerasan Terhadap Jurnalis Sebagai:

Anggota AJI Tamu

Pilih Data:

 
 

Berdasarkan Jenisnya:

Berdasarkan Pelaku:

Berdasarkan Kota: